UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN NILAI AGAMA SOSIAL DAN EMOSIONAL DI TK ALWILDAN MANADO

  • Meirisha Sompito RA Raihana Manado
Keywords: Pembentukan Karakter, Nilai Agama, Sosial, dan Emosional

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi Melihat TK yang setara dengan RA sebagai salah satu bentuk suatu pendidikan anak didik berusaha mengimplementasikan pendidikan karakter bagi anak didiknya dengan tujuan agar kelak menjadi penerus bangsa yang memiliki karakter yang baik. Implementasi pendidikan karakter tersebut berfokus pada pembentukan karakter melalui nilai Agama, sosial, dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan oleh memperoleh data primer dan data sakunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisa menggunakan reduksi data, penyiapan data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan: upaya guru dalam pembentukan karakter anak melalui pengembagan nilai Agama, Sosial, dan emosional di TK Alwildan Manado adalah dengan memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada anak didik, membiasakan anak didik untuk berperilaku baik, menamakan nilai kebersamaan, menanamkan juga rasa toleransi dan tenggang rasa, menumbuhkan sikap jujur, adil, dan bertanggung jawab kepada anak didik.

Hasil penelitian menunjukan upaya pembentukan karakter memiliki hambatan yaitu hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal yaitu antara guru dan walid murid yang terkadang tidak bersinergi dalam pembentukan karakter sehingga pembelajaran yang diberikan tidak terserap dengan baik oleh anak. Hambatan secara ekternal yaitu dari bentuk gen serta latar belakang keluarga yang berbeda dari setiap anak didik sehingga karakter yang ada pada anak juga berbeda-beda.

Published
2021-12-07
How to Cite
Sompito, M. (2021). UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN NILAI AGAMA SOSIAL DAN EMOSIONAL DI TK ALWILDAN MANADO. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 1(01), 1-15. https://doi.org/10.30984/ijece.v1i01.105