MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELOMPOK A2 TK ISLAMIC CENTRE MANADO

  • Sri Wahyuni Bahuwas IAIN Manado
Keywords: Metode pemberian tugas, kemandirian anak,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemandirian pada peserta didik di TK Islamic Centre Manado kelompok A2 dengan metode pemberian tugas. Metode ini dilakukan dengan beberapa kegiatan seperti mewarnai gambar, meniru tulisan guru, menebalkan huruf, mencari jejak, menggunting, bermain warna dan melipat dengan waktu yang tepat yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Tggart yang dijabarkan dalam perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penelitian unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar rata-rata kemampuan disiplin peserta didik pada siklus II telah mencapai 80 % dan peningkatan rata-rata kemampuan tanggung jawab peserta didik mencapai 84,1 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan disiplin dan tanggung jawab peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu ≥ 75 %. Sehingga melalui metode pemberian tugas kemampuan disiplin dan tanggung jawab peserta didik dapat dilatih secara bertahap dan berkesinambungan.

Published
2021-12-07
How to Cite
Bahuwas, S. (2021). MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELOMPOK A2 TK ISLAMIC CENTRE MANADO. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 1(01), 1-21. https://doi.org/10.30984/ijece.v1i01.110