Implememtasi Beyond Center And Circle Time (Bcct) Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Sekolah Ra At-Taqwa Manado
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan BCCT terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini dan bagaimana hasil penerapan dalam membangun kreativitas anak usia dini disekolah RA At-Taqwa Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan data mengenai penerapan pembelajaran dengan menggunakan BCCT untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini, mendeskripsikan data mengenai evaluasi pembelajaran BCCT yang mengembangkan kreativitas anak usia dini, dan mendeskripsikan data hasil belajar yang dicapai pada proses implementasi beyond center and circle time untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitiatif, dengan menggunakan teknik pemgumpulan data yang telah ditentukan sebelumnya, dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dan yang menjadi informasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, dan orang tua. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan BCCT disekolah RA At-Taqwa Manado mengunakan 4 pijakan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini dimana guru-guru menciptakan pembelajaran yang kondusif dan anak-anak senang