Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran Pada TK Satap Bunong
Abstract
AbstrakPenelitian ini Berjudul “Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses pembelajaran Pada TK Satap Bunong”, penelitian ini berdasarkan observasi awal penulis di TK Satap Bunong, dimana guru pendamping memiliki peran terhadap proses pembelajaran kognitif anak-anak dan pembentukan sosial emosional anak, disisi lain penulis mengamati bahwa adanya kendala yang dihadapi guru pendamping, oleh karena itu penting bagi penulis untuk menindaklanjuti dalam bentuk penelitian. Tulisan ini menggunakan metode peneltian kualitatif deskriptif, dimana akan diuraikan menurut hasil wawancara bersama para narasumber, hasil penelitian kemudian di uraikan secara apa adanya seperti yang disampaikan oleh narasumber pada saat wawancara.
Hasil penelitian pertama menujukan bahwa guru pendamping di TK Satap Bunong memiliki peran dalam pembentukan pembelajaran kognitif serta sosial emosional anak-anak, diantaranya guru pendamping berperan sebagai seorang demonstrator, inovator, motivator, pengelola kelas bagi anak-anak. Kedua, menunjukan bahwa terdapat kendala yang dihadapi oleh guru pendamping dalam proses pembelajaran kognitif dan pembentukan sosial emosional anak-anak yaitu, keraguan dalam mengevaluasi pembelajaran, individualistik, terlalu percaya diri, konflik pribadi dan antar guru pendamping, serta karakteristik anak. Ke tiga adalah terkait solusi yaitu tingkat kesadaran guru pendamping, strategi pengajaran, profesionalisme guru pendamping, kemauan belajar kembali. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah guru memiliki peranan penting dalam pembentukan kognitif serta sosial emosional anak, terdapat kendala yang dihadapi sebagaimana padahasil penelitian serta solusi yang dimiliki oleh guru pendamping di TK Satap Bunong.