Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B di TK Mattampawalie Bone
Abstract
Guru PAUD Perlu melakukan suatu strategi yang tepat, fleksibel dan beriorientasi kepada pemgembangan potensi anak khususnya dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gambaran kecerdasan interpersonal anak TK Mattampawalie Kabupaten Bonedan bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak TK Mattampawalie Kabupaten Bone. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pedagogik dan sosiologis. Penelitian ini dilaksanakan di TK Mattampawalie,Desa Cingkang , kecematan Barebbo, Kabupaten Bone. Adapun sumber data dalam penelitian ini tenaga pengajar dan peserta didik kelompok B di TK Mattampawalie. Teknik analisis data yang digunakan adalah dari Miles dan Huberman dengan proses reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kecerdasan interpersonal anak TK Mattampawalie Kabupaten Bone,yaitu a) kemampuan bekerja sama, b)kemampuan berempati kepada orang lain, dan c) kemampuan berteman dan menjalin kontak. Adapun strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak TK Mattampawalie Kabupaten Bone yaitu a) penjelasan materi, b) belajar dalam kelompok, dan c)pengakuan tim,