Penerapan Alat Permainan Edukatif Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini Di RA Nurut Taqwa Manado

  • Al Maidah Tasya Mamonto
  • Zelan Tamrin Danial
Keywords: Media kartu kata, Perkembangan bicara, Aspek kepribadian anak

Abstract

Abstrak

 

Dalam penelitian ini, peneliti melihat pada saat pembelajaran perkembangan aspek bahasa dengan bercakap-cakap sedang berlangsung ada 4 orang anak yang aktif merespon pertanyaan guru meskipun hanya mengucapkan kalimat sederhana yang terdiri dari satu sampai dua kata. Sedangkan 2 anak lain yang kurang aktif hanya diam saja dan tidak merespon pertanyaan dari guru. Dengan begitu peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan alat permainan edukatif media kartu kata bergambar dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini di RA Nurut Taqwa Manado dengan tujuan untuk menggambarkan penerapan alat permainan edukatif media kartu kata bergambar terhadap perkembangan berbicara anak usia dini di RA Nurut Taqwa Manado. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, yang merupakan sebuah siklus dari sejak perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan alat permainan edukatif media kartu kata bergambar terhadap perkembangan berbicara anak usia dini di RA Nurut Taqwa Manadi mengalami peningkatan. Besarnya peningkatan perkembangan berbicara anak pada siklus 1 yaitu 68% dan meningkat menjadi 96% pada siklus 2.

Published
2024-12-21
How to Cite
Mamonto, A. M. T., & Danial, Z. (2024). Penerapan Alat Permainan Edukatif Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini Di RA Nurut Taqwa Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 4(2), 60-68. https://doi.org/10.30984/ijece.v4i2.1230
Section
Articles