MODEL PEMBELAJARAN SHALAT DI RAUDHATUL ATHFAL ARAFAH KOTA BITUNG

  • Itje Hamzah Kusnan Hasnil Oktavera IAIN Manado
Keywords: Model Pembelajaran Shalat, RA Arafah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran shalat di Raudhatul Athfal Arafah Kota Bitung, dengan tujuan mengkaji dan mendeskripsikan model pembelajaran shalat di Raudhatul Athfal Arafah Kota Bitung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama yang dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri yang dilengkapi oleh dokumen wawancara, hp, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) reduksi data, (2) menyusun ke dalam unit- unit, (3) kategorisasikan atau dikelompokkan, (4) pemeriksaan keabsahan data (kredibilatas, transferabiliti, dependabilitas dan konfirmabilitas), dan (5) interprestasi data dan menyimpulkan. Hasil penelitian menyatakan model pembelajaran shalat di RA adalah model Klasikal, Kelompok, sudut, area, kooperatif dan model pembelajaran langsung. Program yang ditetapkan yaitu. a) pengenalan anggota wudhu dan cara berwudhu serta doa sebelum dan sesudah shalat. b) pengenalan gerakan shalat, menghapal doa shalat dan sesudah shalat. c) mempraktekkan tata cara shalat setiap jumat dan praktek shalat dhuha setiap dua minggu sekali

Published
2021-12-30
How to Cite
Hasnil Oktavera, I. H. (2021). MODEL PEMBELAJARAN SHALAT DI RAUDHATUL ATHFAL ARAFAH KOTA BITUNG. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 1(02), 1-15. https://doi.org/10.30984/ijece.v1i02.138