Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Arahman Manado

  • Anisa Lularo IAIN Manado
Keywords: Anak Usia Dini, Pola Asuh, Kepercayaan Diri, Peserta Didik

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana peranan orang tua dalam menjalani pola pengasuhannya selama berada di rumah sehingga berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri anaknya ketika berada di lingkungan pra-sekolah (PAUD).

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif atau penelitian lapangan (field research) dengan memadukan pendekatan korelasional yaitu pendekatan yang meneliti tingkat hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel utama, yaitu variabel (X) = Anak dan (Y) Orang Tua. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilengkapi dengan instrumen penelitian yang dimiliki dan teknik analisis data menggunakan teori tringulasi, yaitu penggunaan multiple teori dengan penggunaan lebih dari satu teori atau ada beberapa perspektif yang menginterpretasikan sejumlah data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan belas peserta didik yang menjadi objek penelitian, hanya masuk pada tiga indikator penilaian aspek kepercayaan diri dengan variabel (X), dari lima indikator yang sudah disiapkan. Kemudian dari variabel (Y) mengenai pola asuh orang tua yang semula hanya terdapat empat indikator (demokratis, otoriter, permisif, penelantaran), bertambah satu dengan (komparasi). Akhirnya menjadikan penelitian ini akan kaya dengan berbagai pengaruh yang ditimbulkan dari lima jenis pola asuh yang diterapkan orang tua, sehingga berpengaruh silang dan beragam kepada aspek kepercayaan diri anaknya ketika berada di sekolah.

Published
2025-07-17
How to Cite
Lularo, A. (2025). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Arahman Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 5(1), 15-34. https://doi.org/10.30984/ijece.v5i1.1535
Section
Articles