Implementasi Metode Sentra Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Paud Moonow
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi dalam mengembangkan kreativitas adalah banyak sekolah atau lingkungan belum memiliki sumber daya yang memadai untuk mengembangkan kreativitas anak serta pendekatan kurikulum untuk anak usia dini cenderung terlalu fokus pada kurikulum akademis yang terstruktur, sehingga mengurangi waktu untuk anak bereksplorasi dan berkreasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran sentra eksplorasi dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini di Paud Moonow. Jenis penelitian yang digunakan merupakan kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, (1) pengumpulan data. (2) reduksi data. (3) penyajian data. (4) penarikan simpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis mengenai penerapan modelpembelajaran sentra eksplorasi dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini di Paud Moonow dapat dilihat dari empat pijakan, yaitu: (1) Pijakan lingkungan sekolah. Pembentukan lingkungan sekolah untuk menunjang proses pembelajaran dengan baik. (2) Pijakan sebelum main. Langkah-langkah untuk mendukung terciptanya lingkungan belajar yang efektif dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini. (3) Pijakan saat main. Proses pembelajaran yang dapat memberikan rangsangan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. (4) Pijakan setelah main. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang berguna untuk menciptakan pembelajaran selanjutnya.