Efesiensi Pengguna Media Audio Visual Melatih Pendengaran Dan Daya Ingat Anak Usia Dini Di Ra Az Zahra Desa Kotabunan Kec. Kotabunan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio-visual dalam melatih pendengaran dan daya ingat anak usia dini di RA Az Zahra Kotabunan. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya stimulasi yang tepat bagi anak usia dini untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan, khususnya pendengaran dan daya ingat. Media audio-visual diyakini mampu memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif yang mendukung proses perkembangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan anak usia dini di RA Az Zahra Kotabunan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual secara efektif melatih pendengaran anak melalui peningkatan respons terhadap suara, lagu, dan instruksi yang disampaikan melalui media. Selain itu, daya ingat anak juga meningkat melalui pengulangan informasi visual dan auditori yang mampu menarik perhatian mereka. Guru juga menyatakan bahwa penggunaan media ini membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan partisipasi aktif anak.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media audio-visual efektif digunakan dalam pembelajaran untuk melatih pendengaran dan daya ingat anak usia dini di RA Az Zahra Kotabunan.