Analisis Pembelajaran Berbasis Alam Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Ra Al Qur’an 1 Inaton Desa Inaton Kecamatan Modayag Barat

  • Kalsum Mokoagow IAIN Manado
Keywords: pembelajaran berbasis alam, Perkembangan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis alam bagi anak usia dini di RA Al Qur'an 1 Inaton yang melibatkan pendidik, staf, peserta didik, dan pengelola sekolah. Objek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran anak usia dini berbasis alam di RA Al Qur'an 1 Inaton. Permasalahan ini dikaji dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian diverifikasi melalui keterlibatan yang lama, pengamatan terus-menerus, dan triangulasi.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis alam di RA Al Qur'an 1 Inaton ditanamkan melalui pendekatan multikultural, alami, dan tematik. Kurikulum yang digunakan meliputi kurikulum nasional dan kurikulum sekolah kecerdasan majemuk yang khas. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui pembelajaran kelompok dan kegiatan penunjang. Pembelajaran kelompok dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program-program unggulan yang mendukung kegiatan pembelajaran antara lain Basic Tahfidz serta Basic Science and Math. Pelaksanaan pembelajaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

                Kelemahan yang ditemukan mencakup masalah dalam proses belajar mengajar, seperti kurangnya keahlian relevan dari para pendidik, kegiatan mengajar yang bersifat mendadak, lokasi sekolah, masalah pembayaran SPP, perilaku siswa yang mengganggu (troublemakers), penggunaan buku komunikasi (combook), dan waktu yang terbatas untuk kegiatan belajar di rumah. Sementara itu, kelebihan pelaksanaan pembelajaran ini meliputi penggunaan media pembelajaran, sarana dan prasarana, kerja sama tim, keberlanjutan kegiatan belajar mengajar, kesadaran siswa, keterlibatan orang tua, dan partisipasi aktif siswa.

Published
2025-07-23
How to Cite
Mokoagow, K. (2025). Analisis Pembelajaran Berbasis Alam Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Ra Al Qur’an 1 Inaton Desa Inaton Kecamatan Modayag Barat. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 5(1), 51-60. https://doi.org/10.30984/ijece.v5i1.1550
Section
Articles