Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Visual di Raudhatul Atfhal Awal Fathul Mubien Pada Masa Pandemi
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara melalui kegiatan berbicaramenggunakan media Gambar pada Raudhatul Athfal Awwal Fathul Mubien Manado,
Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tindakan penelitian sebanyak 3 siklus yaitu Prasiklus ,siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B. Raudhatul Athfal Awwal Fathul Mubien Manado
Objek teliti yakni kemampuan motorik halus dalam kegiatan kemampuan berbahaa anak Data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan unjuk kerja. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptis kualitatif dengan tidak mengabaikan kuantitatif.
Hasil studi menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media visual Raudhatul Athfal (RA) Awwal Fathul Mubien Manado tahun pelajaran 2020. Hal ini di tandai oleh peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar anak didik, dari prasiklus sampai siklus II. Dari prasiklus dengan presentase ketuntasan 39,59% Meningkat pada siklus I menjadi 60,41 % dan meningkat lagi menjadi 90,24%.
Kata Kunci : Peran guru, media visual,kemampuan berbicara anak