Kontribusi Pendidikan Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak Didik di RA Siti Salma Kema III Kabupaten Minahasa Utara
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi pendidikan keluarga dalam membentuk karakter anak didik di RA Siti Salma Kema III Kabupaten Minahasa Utara dan kendala pendidikan keluarga dalam membentuk karakter anak didik di RA Siti Salma Kema III Kabupaten Minahasa Utara.
Jenis penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat alamiah dan menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini dilakukan di RA Siti Salma Kema III Kabupaten Minahasa Utara. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala guru dan orang tua siswa di RA Siti Salma Kema III Kabupaten Minahasa Utara. Prosedur analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah model interaktif yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kontribusi pendidikan keluarga dalam membentuk karakter anak didik di RA Siti Salma Kema III Kabupaten Minahasa Utara yaitu melakukan pembiasaan positif kepada anak didik di rumah maupun di luar rumah terkait dengan perilaku yang tercantum dalam pendidikan karakter. Upaya pembentukan Pendidikan karakter pada RA Siti Salma Kema III Kabupaten Minahasa Utara dilakukan dengan pemberian contoh tauladan dari orangtua dan guru berupa pembiasaan dalam bersikap serta tingkah laku bahkan sikap sederhana dalam aktifitas anak sehari-hari seperti mengucapkan salam, mengucapkan terima kasih, meminta tolong dan meminta maaf. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam proses pendidikan dalam keluarga untuk membentuk karakter anak di rumah dan di RA Siti Salma Kema III Kabupaten Minahasa Utara adalah pengendalian diri orangtua dan guru terkadang kurang matang, kemudian rendahnya dukungan lingkungan sekitar dan bahkan dari sebagian orangtua anak yang tidak memperdulikan pendidikan karakter di rumah.