Model Permainan Plastisin Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelas B2 di RA Raihana Paniki Dua Kecamatan Mapanget Kota Manado

  • Merriam Listiany Modeong
  • Nurhida Lasompo
Keywords: model permainan, model plastisin, kreativitas anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model permainan plastisin  untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok B2 di RA Raihana Manado. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus penelitian, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang digunakan pada setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan model permainan plastisin perkembangan kreativitas pada anak di kelompok B2 RA Raihana mengalami perkembangan. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan  presentase ketuntasan belajar dari siklus I yaitu 50% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77% demikian pula pada siklus III meningkat menjadi 99%. Adapun aspek-aspek lainnya yang turut meningkat selain kreativitas anak  yaitu, nilai agama dan moral, motorik, imajinasi, sosial-emosional, kognitif, bahasa, seni, serta memperluas wawasan anak melalui belajar sambil bermain dengan media utama yaitu plastisin.

Published
2022-12-21
How to Cite
Modeong, M., & Lasompo, N. (2022). Model Permainan Plastisin Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelas B2 di RA Raihana Paniki Dua Kecamatan Mapanget Kota Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 2(02), 14. https://doi.org/10.30984/ijece.v2i02.402