Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Kartu Bergambar Di Kelompok B2 Ra Arafah Bitung

  • Fitri Maku IAIN Manado
Keywords: Media Kartu Bergambar, Huruf Hijaiyah

Abstract

Menghadapi era globalisasi yang penuh dengan persaingan dan ketidakpastian, dibutuhkan guru yang visioner dan mampu mengelola proses belajar mengajar secara efektif dan inovatif sehingga strategi dan model pembelajaran yang digunakan dapat memberikan nuansa menyenangkan baik guru dan peserta didik yang pada akhirnya menjadikan belajar tuntas dan bermakna sebagai capaian akhir pembelajaran bagi peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi keterbatasan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui pengalaman belajar siswa, mengkonkritkan pesan yang abstrak, menanamkan konsep dasar yang benar, menimbulkan keseragaman dan meningkatkan efesiensi dan efektifitas proses belajar mengajar dengan menggunakan media kartu bergambar.

Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini dilakukan melalui tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B2 RA Arafah Bitung dengan jumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukan kemampuan membaca huruf hijaiyah kelompok B2 RA Arafah telah mengalami peningkatan dengan menggunakan media kartu bergambar.

Adapun kendala dalam penelitian yaitu, Siswa memiliki karakteristik yang berbeda dan Fasilitas pendukung yang terbatas. Solusi dalam penelitian ini yaitu, guru harus membuat hati anak senang dengan bernyanyi atau tepuk-tepuk tangan agar anak merasa senang, tidak bosan dan fokus. Memberikan motivasi yang mendalam agar anak mau melakukan apa yang diperintahkan.

Published
2024-01-23
How to Cite
Maku, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Kartu Bergambar Di Kelompok B2 Ra Arafah Bitung. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 3(01), 13-24. https://doi.org/10.30984/ijece.v3i01.810