Pembelajaran Sentra Balok Sebagai Stimulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Di Ra Nurul Huda Kawangkoan
Abstract
Salah satu kemampuan yang dimiliki manusia adalah Bahasa, sehingga inilah yang menjadikan manusia berbeda dari spesies lain. Kurangnya minat anak dalam membaca inilah yang menjadi permasalahan dunia Pendidikan saat ini. Dari kurangnya membaca ini sehingga berdampak pada jumlah kosa kata yang dimiliki oleh anak. Rendahnya dan kurangnya kemampuan anak juga merupakan masalah. Sebab semuanya berhubungan antara satu dan yang lainnnya.
Kemampuan berbahasa dapat meningkat melalui kegiatan bermain, yaitu dengan bermain sentra balok. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sentra balok dapat meningkatkan Bahasa pada anak – anak di RA Nurul Huda Kawangkoan.
Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian, dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Dan Penelitian ini melibatkan Kepala RA, Guru, juga siswa dalam kelompok usia 5–6 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak di RA Nurul Huda Kawangkoan, yaitu dengan pembelajaran sentra balok yang berhasil meningkatkan kemampuan berbahasa anak - anak. Metode ini termasuk berbicara dengan anak-anak, menggunakan pertanyaan - pertanyaan terbuka untuk mendampingi mereka saat bermain, memberi mereka kesempatan untuk menceritakan hasil bangunan yang mereka buat, dan mengingat aktivitas pembangunan yang mereka lakukan pembangunan yang mereka lakukan sebelumnya.