Implementasi Metode Pemberian Tugas Menggambar Bebas Pada Anak Usia Dini Di TK Alwildan Manado

  • Ina Syahbrina IAIN Manado
Keywords: Kreativitas, Hasil Belajar, Metode Pemberian Tugas Mengajar

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu proses pembinaan tubuh kembang anak dari lahir hingga enam bulan secara menyeluruh yang mencangkup aspek fisik dan nonfisik dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani, motorik, akal pikiran, emosional, dan sosial yang tepat agar tumbuh kembang secara optimal.

Menggambar menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bakat dan minat yang dapat dilukiskan atau di sampaikan oleh anak usia dini dalam bentuk coretan atau goresan, melalui menggambar ini anak diberi kesempatan dan kebebasan seluas- luasnya untuk menyampaikan gagasan,ide, keinginan maupun cita-citanya kelak memalui gambar atau coretan mereka.

Dengan menerapkan metode pemberian tugas menggambar bebas kepada anak didik di TK Alwildan dapat melatih kreativitas siswa khusunya yang bisa dapat di gunakan dalam kehidupan sehari–hari.Setelah peneliti menerapkan metode pemberian tugas menggambar bebas dengan melakukan pengembangan kreativitas dengan menngambar bebas melatih kemampuan motorik, sosial emosianal, siswa, pada siklus 1 siswa mendapatkan nilai rata-rata 2,5 dengan nilai keseluruhan 25, sedangkan nilai ketuntasan belajar siswa 50%. Pada siklus 1 di kategorikan sedang, namun belum dapat di katakan berhasil.

Maka peneliti melanjutkan ke siklus II, Hal tersebut bertujuan agar hasil kemampuan siswa dalam menggambar bebas di meningkat atau bisa dikatakana berhasil. Penelitian siklus II, nilai rata–rata 3 sedang nilai keseluruhan 30, dan nilai ketuntasan 70 % . Sehingga dapat di kategorikan tinggi dan bisa di katakan berhasil.

Published
2024-01-23
How to Cite
Syahbrina, I. (2024). Implementasi Metode Pemberian Tugas Menggambar Bebas Pada Anak Usia Dini Di TK Alwildan Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 3(01), 43-52. https://doi.org/10.30984/ijece.v3i01.814