HIRUKPIKUK PEMBELAJARAN DARING

(ANALISA PEMBELAJARAN DARING DI PROGRAM STUDI PIAUD FTIK IAIN MANADO)

  • Mufti Rizky Pony iain manado
  • Al Maidah Tasya Mamonto RA Nurut Taqwa
Keywords: pembelajaran daring, pendemik, covid-19

Abstract

Alarm revolusi pembelajaran dalam masa pandemik covid-19 merupakan aspek yang digambarkan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survey analisis Arikunto dimaksudkan untuk memperoleh gambaran fenomena pembelajaran daring yang dilaksanakan di FTIK IAIN Manado. Pembelajaran berbasis layanan internet merupakan solusi dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Dari hasil survei yang dilaksanakan menggunakan google form yang tautannya disebarkan melalui WAG dosen dan Mahasiswa, penulis mendapatkan 138 responden diantaranya 15 dosen dan 118 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dosen dan mahasiswa telah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran kelas online; (2) fleksibilitas pembelajaran kelas online mampu memicu kemandirian belajar karena dorongan memanfaatkan AI; (3) dengan menerapkan pembelajaran kelas daring mendorong arahan pemerintah meminimalisir kontak langsung dan meminimalisir potensi keramaian lingkungan kampus. Media pembelajaran kelas daring yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa di FTIK IAIN Manado selama pandemi Covid19 yaitu telkomsel cloudx, google classroom, zoom, dan googlemeet.

Published
2024-03-05
How to Cite
Pony, M., & Mamonto, A. M. (2024). HIRUKPIKUK PEMBELAJARAN DARING. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 3(2), 1-14. https://doi.org/10.30984/ijece.v3i2.827