Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Di Ra-Almuhajirin Bitung Kec. Maesa Kota Bitung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini di Ra Al-Muhajirin Bitung Kec. Maesa Kota Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dimana prosedur penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengenal huruf dengan mengimplementasikan metode bernyanyi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sabjek penelitian ini dilakukan pada anak kelas B3 yang berjumlah 15 anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: Kemampuan mengenal huruf anak di RA Al-Muhajirin Kota Bitung sebelum menggunakan metode bernyanyi atau pada Pra Siklus terdapat 0 orang anak (0%) yang tergolong belum berkembang, 1 orang anak (6%) yang tergolong mulai berkembang, 8 orang anak (53%) yang tergolong berkembang sesuai harapan, dan 0 orang anak (0%) tergolong berkembang sangat baik. Kemudian pada siklus I terdapat 0 orang anak (0%) yang tergolong belum berkembang, 6 orang anak (40%) yang tergolong mulai berkembang, 11 orang anak (73%) yang tergolong berkembang sesuai harapan, dan 5 orang anak (33%) tergolong berkembang sangat baik. Dan pada siklus II terdapat 0 orang anak (0%) yang tergolong belum berkembang, 0 orang anak (0%) yang tergolong mulai berkembang, 11 orang anak (73%) yang tergolong berkembang sesuai harapan, dan 12 orang anak (80%) tergolong berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di RA Al-Muhajirin Kota Bitung.