Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur'än Hadis di MAN Model Plus Keterampilan Manado
Abstract
Penelitian ini mengkaji Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan melihat apa itu Model Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan apa saja modelnya. Pembelajaran yang disukai siswa serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang ada dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar akan mulai diterapkan pada MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado pada tahun 2022 namun hanya di kelas Pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an Hadits terdiri dari 3 kegiatan, yang pertama adalah pendahuluan. kegiatan, kegiatan kedua merupakan kegiatan inti dan kegiatan ketiga merupakan kegiatan penutup. Dan dengan adanya model pembelajaran yang beragam, maka terdapat kendala yang terjadi dalam implementasi Kurikulum Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu pendidik tidak mengikuti pelatihan, sehingga dilakukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan mengikuti workshop internal/eksternal, meningkatkan kreativitas dan sharing. Untuk mengetahui pola pikir dalam mengajar. Implikasinya pada Keterampilan MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado akan ditingkatkan dengan berbagai kreativitas yang dapat menunjang tercapainya proses pembelajaran siswa. Evaluasi perlu dilakukan guna memperoleh keterlaksanaan kurikulum Merdeka belajar pada model pembelajaran yang dilakukan di kelas pada siswa MAN Model 1 Plus keterampilan Manado.