PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI RA RAIHANAH MANADO

  • Rafika Ratusmanga IAIN Manado
  • Abdullah Botma IAIN Parepare
  • Akmal Akmal UIAD Sinjai
Keywords: Membaca, Huruf Hijaiyyah, Permainan Kartu Huruf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Peningkatan kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah  Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Di Ra Raihanah Manado. dimana prosedur penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam membaca huruf Hijaiyah melalui Permainan kartu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B yang berjumlah 12 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Sebelum menggunakan media kartu huruf  maka dapat dilihat kemampuan membaca huruf hijaiyah pada pra siklus dari 12 anak  6 orang anak (50%) yang tergolong belum berkembang. 3 orang anak (25%) yang tergolong mulai berkembang 3 orang anak (25%) yang tergolong berkembang sesuai harapan dan (0%) atau tidak ada anak yang tergolong berkembang sangat baik. pada siklus I terdapat 0 orang anak (0%) yang tergolong belum berkembang, 8 orang anak (66,67%) yang tergolong mulai berkembang, 3 orang anak (25%) yang tergolong berkembang sesuai harapan dan 1 orang anak (8,33%) yang tergolong berkembang sangat baik. Pada siklus II terdapat 0 orang anak (0%) yang tergolong belum berkembang. 1 rang anak (8,33%) yang tergolong mulai berkembang, 6 orang anak (50%) yang tergolong berkembang sesuai harapan dan 5 orang anak (41,67%) yang tergolong berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa meningkatkan kemampuan membaca Huruf Hijaiyah pada anak kelompok B di RA Raihanah dapat ditingkatkan melalui penggunaan permainan kartu.

Published
2024-07-02
How to Cite
Ratusmanga, R., Botma, A., & Akmal, A. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI RA RAIHANAH MANADO. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 4(1), 69-84. https://doi.org/10.30984/ijece.v4i1.909
Section
Articles