PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI RA RAIHANAH MANADO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Peningkatan kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Di Ra Raihanah Manado. dimana prosedur penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam membaca huruf Hijaiyah melalui Permainan kartu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B yang berjumlah 12 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Sebelum menggunakan media kartu huruf maka dapat dilihat kemampuan membaca huruf hijaiyah pada pra siklus dari 12 anak 6 orang anak (50%) yang tergolong belum berkembang. 3 orang anak (25%) yang tergolong mulai berkembang 3 orang anak (25%) yang tergolong berkembang sesuai harapan dan (0%) atau tidak ada anak yang tergolong berkembang sangat baik. pada siklus I terdapat 0 orang anak (0%) yang tergolong belum berkembang, 8 orang anak (66,67%) yang tergolong mulai berkembang, 3 orang anak (25%) yang tergolong berkembang sesuai harapan dan 1 orang anak (8,33%) yang tergolong berkembang sangat baik. Pada siklus II terdapat 0 orang anak (0%) yang tergolong belum berkembang. 1 rang anak (8,33%) yang tergolong mulai berkembang, 6 orang anak (50%) yang tergolong berkembang sesuai harapan dan 5 orang anak (41,67%) yang tergolong berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa meningkatkan kemampuan membaca Huruf Hijaiyah pada anak kelompok B di RA Raihanah dapat ditingkatkan melalui penggunaan permainan kartu.