Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Di TK Mardhatilla Sangkub IV Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

  • melva kahinga IAIN Manado
  • Febriyando beu IAIN Manado
Keywords: kepercayaan diri anak, metode bernyanyi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bernyanyi dengan gerakan dapat menigkatkan kepercayaan diri anak usia dini di TK Mardhatilla Sangkub IV Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), di mana prosedur penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan yang berkaitan dengan menigkatkan kepercayaan diri anak melalui metode bernyanyi dengan gerakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode bernyanyi dengan gerakan dapat meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Mardhatilla Sangkub IV Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Meningkatan kepercayaan diri tersebut dapat dilihat dari hasil data observasi yang diperoleh dari setiap siklus yang mengalami peningkatan. Sebelum ada penelitian tindakan kelas kepercayaan diri anak belum berkembang sebesar 31,82% dan mulai berkembang menjadi 36,36% pada siklus I dan berkembang sangat baik menjadi 90,91% pada siklus II. Maka dari itu dari kegiatan awal sampai akhir berikanlah kesempatan pada tiap anak untuk aktif dalam menyampaikan pendapatnya. Dengan demikian semua anak mempunyai kesempatan yang sama untuk menigkatkan rasa percaya diri mereka masing – masing.

Published
2024-07-02
How to Cite
kahinga, melva, & beu, F. (2024). Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Di TK Mardhatilla Sangkub IV Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 4(1), 10-22. https://doi.org/10.30984/ijece.v4i1.978
Section
Articles