Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE)
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE
<p style="text-align: justify;">Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado. IJECE terbit secara periodik sebanyak dua tahun sekali, yakni pada bulan Juni dan Desember. IJECE menyajikan hasil-hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan dan perkembangan anak usia dini, seperti Pengembangan Kognitif, Kreatifitas, dan Bahasa pada Anak Usia Dini, Pengembangan Model, Manajemen, dan Strategi Pembelajaran bagi Anak Usia Dini, Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan bagi Anak Usia Dini, Pengembangan Peserta Didik dan Psikologi Anak, Analisis Kebutuhan Perkembangan Anak, dan Isu-Isu yang terkait dalam Pendidikan Anak Usia Dini.</p> <p style="text-align: justify;">IJECE memiliki legalitas ISSN Elektronik: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220527240939038">2962-6838</a> dan ISSN Cetak: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221004061295337">2963-3346</a></p>en-USfebriyando@iain-manado.ac.id (Febriyando)fadli.utomo@iain-manado.ac.id (Nur Fadli Utomo)Tue, 31 Dec 2024 11:55:42 +0000OJS 3.1.1.4http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Analisis Penerapan Metode Montessori Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Kun Anta Islamic Montessori Cabang Lasoso Kota Palu
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1225
<h1>Abstrak</h1> <p>Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Montessori terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Kun Anta Islamic Montessori Cabang Lasoso Kota Palu.</p> <p>Jenis penelitian ini adalag penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Pendiri Sekolah, Kepala Sekolah, dan Tenaga Pengajar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji dan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji <em>Credibility, Transfertability, Depentability, </em>dan <em>Confirmability.</em></p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif signifikan terhadap perkembangan motorik halus, dengan skor tinggi pada area <em>sensorik </em>dan <em>practical life</em>. Namun nilai lebih rendah di area <em>Math</em> dan <em>languange</em> menunjukkan perlunya perhatian lebih dalam merancang aktivitas yang menarik. Kendala seperti kurangnya alat bantu dan adaptasi anak terhadap aturan kelas menekankan pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.</p> <p>Impilkasi dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode Montessori di TK Kun Anta berhasil menciptakan suasana belajar interaktif dan mendukung perkembangan motorik halus anak. 2) Dengan dukungan tepat dari guru dan orang tua, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang percaya diri dan berprestasi. 3) Kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua, serta pelatihan berkelanjutan bagi pendidik untuk meningkatkan efektivitas metode Montessori.</p> <p> </p> <p> </p>Aan Nurul Aviah Sabachin Usman Sabachin Usman, IRVAN KURNIAWAN
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1225Sat, 21 Dec 2024 01:25:42 +0000Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Desa Saleo Kec. Bolangitang Timur
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1226
<h1>Abstrak</h1> <p>Skripsi ini membahas tentang “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Desa Saleo Kec. Bolangitang Timur”. Alasan penulis mengangkat judul ini karena ingin mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di Desa Saleo kec. Bolangitang Timur, Kab. Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini melihat kaitan antara perkembangan bahasa anak dengan penggunaan gadget anak usia dini, yakni seperti Game, Youtube, Tiktok, dll. Anak yang terlalu sering bermain gadget dapat menimbukan dampak positif dan negatif termasuk perkembangan bahasanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan bahasa anak usia dini dalam penggunaan gadget masih ada yang belum berkembang dengan baik dan ada juga yang sesuai harapan perkembangan bahasanya. Hal tersebut tak lepas dari pola asuh dan pengawasan orang tua, karena ada sebagian besar orang tua terkesan memberikan gadget dan tidak terlalu khawatir dengan dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan gadget secara terus-menerus. Orang tua harus lebih berhati-hati dalam mengawasi dan mengontrol kegiatan anak dalam menggunakan gadget untuk meminimalisir sisi negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tersebut, dan seharusnya gadget digunakan dan dimanfaatkan untuk hal yang positif.</p>Andini Sumaila
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1226Sat, 21 Dec 2024 03:51:01 +0000Implememtasi Beyond Center And Circle Time (Bcct) Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Sekolah Ra At-Taqwa Manado
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1227
<h1>Abstrak</h1> <p> </p> <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan BCCT terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini dan bagaimana hasil penerapan dalam membangun kreativitas anak usia dini disekolah RA At-Taqwa Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan data mengenai penerapan pembelajaran dengan menggunakan BCCT untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini, mendeskripsikan data mengenai evaluasi pembelajaran BCCT yang mengembangkan kreativitas anak usia dini, dan mendeskripsikan data hasil belajar yang dicapai pada proses <em>implementasi beyond center and circle time</em> untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitiatif, dengan menggunakan teknik pemgumpulan data yang telah ditentukan sebelumnya, dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dan yang menjadi informasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, dan orang tua. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan BCCT disekolah RA At-Taqwa Manado mengunakan 4 pijakan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini dimana guru-guru menciptakan pembelajaran yang kondusif dan anak-anak senang</p>Fadila Pende
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1227Sat, 21 Dec 2024 03:52:50 +0000Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran Pada TK Satap Bunong
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1228
<h1>Abstrak</h1> <p>Penelitian ini Berjudul “Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses pembelajaran Pada TK Satap Bunong”, penelitian ini berdasarkan observasi awal penulis di TK Satap Bunong, dimana guru pendamping memiliki peran terhadap proses pembelajaran kognitif anak-anak dan pembentukan sosial emosional anak, disisi lain penulis mengamati bahwa adanya kendala yang dihadapi guru pendamping, oleh karena itu penting bagi penulis untuk menindaklanjuti dalam bentuk penelitian. Tulisan ini menggunakan metode peneltian kualitatif deskriptif, dimana akan diuraikan menurut hasil wawancara bersama para narasumber, hasil penelitian kemudian di uraikan secara apa adanya seperti yang disampaikan oleh narasumber pada saat wawancara.</p> <p>Hasil penelitian pertama menujukan bahwa guru pendamping di TK Satap Bunong memiliki peran dalam pembentukan pembelajaran kognitif serta sosial emosional anak-anak, diantaranya guru pendamping berperan sebagai seorang demonstrator, inovator, motivator, pengelola kelas bagi anak-anak. Kedua, menunjukan bahwa terdapat kendala yang dihadapi oleh guru pendamping dalam proses pembelajaran kognitif dan pembentukan sosial emosional anak-anak yaitu, keraguan dalam mengevaluasi pembelajaran, individualistik, terlalu percaya diri, konflik pribadi dan antar guru pendamping, serta karakteristik anak. Ke tiga adalah terkait solusi yaitu tingkat kesadaran guru pendamping, strategi pengajaran, profesionalisme guru pendamping, kemauan belajar kembali. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah guru memiliki peranan penting dalam pembentukan kognitif serta sosial emosional anak, terdapat kendala yang dihadapi sebagaimana padahasil penelitian serta solusi yang dimiliki oleh guru pendamping di TK Satap Bunong.</p>Pratiwi Binolombangan
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1228Sat, 21 Dec 2024 03:56:41 +0000Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B di TK Mattampawalie Bone
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1229
<p>Guru PAUD Perlu melakukan suatu strategi yang tepat, fleksibel dan beriorientasi kepada pemgembangan potensi anak khususnya dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gambaran kecerdasan interpersonal anak TK Mattampawalie Kabupaten Bonedan bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak TK Mattampawalie Kabupaten Bone. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pedagogik dan sosiologis. Penelitian ini dilaksanakan di TK Mattampawalie,Desa Cingkang , kecematan Barebbo, Kabupaten Bone. Adapun sumber data dalam penelitian ini tenaga pengajar dan peserta didik kelompok B di TK Mattampawalie. Teknik analisis data yang digunakan adalah dari Miles dan Huberman dengan proses reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kecerdasan interpersonal anak TK Mattampawalie Kabupaten Bone,yaitu a) kemampuan bekerja sama, b)kemampuan berempati kepada orang lain, dan c) kemampuan berteman dan menjalin kontak. Adapun strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak TK Mattampawalie Kabupaten Bone yaitu a) penjelasan materi, b) belajar dalam kelompok, dan c)pengakuan tim,</p>Inriasari inriasari, A. Sri Mardiyanti Syam
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1229Sat, 21 Dec 2024 04:06:56 +0000Penerapan Alat Permainan Edukatif Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini Di RA Nurut Taqwa Manado
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1230
<h2>Abstrak</h2> <p><strong> </strong></p> <p>Dalam penelitian ini, peneliti melihat pada saat pembelajaran perkembangan aspek bahasa dengan bercakap-cakap sedang berlangsung ada 4 orang anak yang aktif merespon pertanyaan guru meskipun hanya mengucapkan kalimat sederhana yang terdiri dari satu sampai dua kata. Sedangkan 2 anak lain yang kurang aktif hanya diam saja dan tidak merespon pertanyaan dari guru. Dengan begitu peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan alat permainan edukatif media kartu kata bergambar dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini di RA Nurut Taqwa Manado dengan tujuan untuk menggambarkan penerapan alat permainan edukatif media kartu kata bergambar terhadap perkembangan berbicara anak usia dini di RA Nurut Taqwa Manado. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, yang merupakan sebuah siklus dari sejak perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan alat permainan edukatif media kartu kata bergambar terhadap perkembangan berbicara anak usia dini di RA Nurut Taqwa Manadi mengalami peningkatan. Besarnya peningkatan perkembangan berbicara anak pada siklus 1 yaitu 68% dan meningkat menjadi 96% pada siklus 2.</p>Al Maidah Tasya Mamonto, Zelan Tamrin Danial
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/IJECE/article/view/1230Sat, 21 Dec 2024 00:00:00 +0000