https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/almashadir/issue/feedJurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature2024-07-01T07:52:52+00:00Abdurrahman Wahid AbdullahLakangur@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature</strong></p> <p>Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature is a journal published by the Departement of Arabic Education at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the State Islamic Institute (IAIN) Manado</p> <p>This journal focuses on the issues of (1) <strong>Arabic Education, </strong>such as; linguistic learning, phonology (al-ashwat) morphology (sharf), syntaxis (Nahwu), semantic (Dilalah), sociolinguistic, psycholinguistic, and language skills; listening (istima'), speaking (kalam), reading (qira'ah), and writing (kitabah). (2) <strong>Arabic Literature, </strong>such as; Arabic linguistics, analysis of Arabic issues, history of Arabic learning, and problematic of Arabic learning; method (thariqah), media (wasilah), strategy (uslub), evaluation (taqwim), and technology in Arabic learning process.</p>https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/almashadir/article/view/914Kamus Arab-Indonesia: Sumber Belajar Penunjang pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X DI MA Al-I’anah Playen Gunungkidul2024-07-01T07:38:26+00:00ulin - nuhaulin7513@gmail.com<p>Bahasa adalah kunci dari semua hal. Salah satu bahasa internasional terpenting adalah Bahasa Arab yang kemudian dipilih untuk dipelajari disemua sekolah yang ada di bawah Kemenag. Kemenag sendiri telah menyusun kurikulum dan buku ajar paket guna berjalannya pembelajaran Bahasa Arab yang ada di sekolahnya. Buku sebagai sumber ajar adalah sesuatu yang sangat penting dalam pembelajaran. Semua sekolah memakai buku ajar yang diterbitkan oleh Kemenag termasuk MA Al-I’anah Playen, Gunungkidul. Akan tetapi ada yang berbeda dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Al-I’anah, selain menggunakan buku ajar paket terbitan kemanag sebagai sumber ajar inti, MA Al-I’anah juga memakai Kamus Arab Indonesia sebagai sumber ajar penunjang pembelajaran Bahasa Arabnya. Melalui penelitian kualitatif deskriptif ini tergambarkan bahwasanya keberadaan Kamus Arab-Indonesia ini ternyata memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap berlangsungnya pembelajaran Bahasa Arab. Dengan adanya kamus tersebut pembelajaran Bahasa Arab di sana menjadi sangat efektif, efisien, dan menyenangkan.</p>2024-06-29T13:54:12+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/almashadir/article/view/913Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIIIA di MTs Negeri 1 Plus Riset Manado2024-07-01T07:41:20+00:00Dwichandra Setyorinidwichandra.setyorini@iain-manado.ac.idMuh. Husni Mubarakhusni.mubarak@iain-manado.ac.idSatriani Satrianisatrianiqwee@iain-manado.ac.idNur Fitriani Zainalnur.zainal@iain-manado.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Media Pembelajaran <em>Wordwall</em> dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII A di MTsN 1 Plus Riset Manado. Penelitian ini menerapkan Jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, tes/lembaran soal, dan Angket. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain Kemmis dan MC. Taggart. Teknik analisis adalah Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar pra-siklus diperoleh rata-rata 40,93 dengan ketuntasan klasikal 3,12%, Siklus I diperoleh rata-rata 66,25 dengan ketuntasan klasikal 40,62%, dan siklus II diperoleh rata-rata 85,31 dengan ketuntasan klasikal 87,50%. Berdasarkan data hasil belajar, terbukti dengan menerapkan Media Pembelajaran Wordwall hasil belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII A di MTsN 1 Plus Riset Manado mengalami peningkatan. Serta menunjukkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pembelajaran.</p>2024-06-29T14:39:52+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/almashadir/article/view/803Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Platform Quizalize Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs N 2 Bolaang Mongondow2024-06-30T09:09:00+00:00Akmal Kurniawan Fatonikurniawan311001@gmail.comNur Ainiyahainia28@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan platform Quizalize dalam pembelajaran Bahasa arab siswa kelas VII MTs N 2 Bolaang Mongondow. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket. Platform Quizalize menyediakan platform di mana guru dapat secara otomatis menganalisis data siswa. Seorang guru bisa membuat kuis sendiri atau menggunakan kuis yang dibuat oleh guru lain dari sumber-sumber yang berbeda. Ragam tayangan kuis yang bervariasi dapat memberikan kesan menarik bagi siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan platform quizalize ini cocok diterapkan dalam pembelajran Bahasa arab, hal ini didasari dari angket yang disebar kepada siswa, menyatakan setuju dengan pengembangan pemanfaatan platform ini dari segi antara lain sebagai berikut: 1) cocok digunakan dalam pembelajaran Bahasa arab, 2) lebiih menarik dan tidak membosankan, 3) mendorong untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal, 4) suasana belajar yang menyenangkan dan 5) membantu memahami belajar Bahasa arab.</p>2024-06-30T06:21:42+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/almashadir/article/view/837Analisis Kesalahan Bacaan Surah Al-Qori’ah Siswi Kelas X SMAN 1 Lawang Malang (Perspektif Fonetik Bahasa Arab)2024-06-30T09:09:00+00:00Tiasa Thasya210104110111@student.uin-malang.ac.idRifka Arifatul Choridah210104110103@student.uin-malang.ac.idAhmad Fauzi210104110081@student.uin-malang.ac.idAchwan Alfani210104110154@student.uin-malang.ac.idAbdul Wahab Rosyidiwahab@pba.uin-malang.ac.id<p>This study aims to determine phonetic errors in reading the Al-Quran Surah Al-Qari’ah in grade 10 students of SMAN 1 Lawang. The method used in this study is descriptive qualitative with the help of short YouTube videos uploaded by these students. The results of this study are phonetic errors that occur due to the inability of students to distinguish 2 sounds that have almost the same sound, some sounds are difficult to pronounce because they are not found in the Indonesian alphabet, and the inaccuracy of the reader in pronouncing the makharijul letters. Therefore, students should make habituation in learning about how to pronounce the hijaiyah letters makharijul which are not found in the Indonesian alphabet, pay attention to the articulation of words when pronouncing a letter, and practice so they can distinguish 2 sounds that are almost the same.</p>2024-06-30T06:33:11+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/almashadir/article/view/916Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Nahwu: Sebuah Tinjauan atas Temuan-temuan Terbaru (2019-2024)2024-07-01T07:43:20+00:00Aidah Mifta Khurrosyidahaidamifta24@gmail.comMufti Rizky Ponnymufti.rizky@iain-manado.ac.idHasnil Oktaverahasniloktavera@iain-manado.ac.idMisbahuddin Jamalmisbahuddin.jamal@iain-manado.ac.id<p>Pembelajaran secara kooperatif mutlak dilakukan pada pembelajaran bahasa Arab pada abad 21. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji literatur yang berkaitan dengan pembelajaran nahwu menggunakan model CL dengan meninjau temuan penelitian terkait pada lima tahun terakhir (2019-2024) dengan menggunakan metode systematic literature review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 artikel yang telah diterbitkan dalam 5 tahun terakhir ditemukan lima aspek pada model CL tipe jigsaw dalam pembelajaran nahwu yaitu (1) Peningkatan Penguasaan Nahwu, (2) Partisipasi Aktif Siswa, (3) Peningkatan Hasil Belajar, (4) Pengembangan Keterampilan Sosial dan Kerjasama, dan (5) Peningkatan Keterlibatan dan Interaksi Siswa. Aspek peningkatan pemahaman nahwu dengan metode eksperimen lebih dominan digunakan. Pembelajaran Nahwu model CL tipe jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berbahasa menjadi perhatian bagi para peneliti selanjutnya.</p>2024-06-30T07:28:29+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/almashadir/article/view/944Tatwir al-Wasail at-Ta'limiyah "al-Muhadatsah bi al-Lughah al-Arabiyah" bi al-I'timad 'ala Tathbiq Canva2024-07-01T07:52:52+00:00Maulidati Abdullahmoly.sydu@gmail.comMuhammad Firdausm.firdaus@iaintakengon.ac.idMuchamad Toif Chasanimuchamadtoifchasani@gmail.com<p><em>The aim of this research is to see the feasibility of Arabic muhadasah learning media in terms of material and media. The method used in this research is RnD with a four-D (4-D) approach model developed by Thiagarajan. This 4-D model consists of 4 stages, namely: define, design, development and dissemination. The data collection instrument in this research was a media expert and material expert validation sheet. Arabic Teacher Response Assessment Questionnaire and Student Response Assessment Questionnaire. the validation results from material experts show an average score of 0.95, as well as the media expert validation results show the same average score, namely 0.95, the average results from assessing student responses are 0.93 and the average results from the responses of Arabic language lecturers and Arabic language teachers is 0.91. The findings of this research indicate that Canva-based muhadasah learning media is very suitable as an Arabic language learning media.</em></p>2024-06-30T09:03:13+00:00##submission.copyrightStatement##