https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jmpi/issue/feed Journal of Islamic Education Leadership 2025-08-04T06:30:56+00:00 Abdul Muis Daeng Pawero abdul.pawero@iain-manado.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Juornal of Islamic Education Leadership; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam</strong>, diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado terdaftar dengan nomor ISSN 2809-3461 [Online]. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah terbaru sebagai bahan bacaan maupun referensi bagi praktisi pendidikan, akademisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, peneliti, pimpinan lembaga pendidikan, pemerhati pendidikan maupun masyarakat pada umumnya. Jurnal ini mencakup artikel penelitian dibidang manajemen pendidikan, riset pendidikan, serta pengelolaan pendidikan diberbagai bidang di antaranya: 1) Kepemimpinan Pendidikan, 2) Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat, 3) Perilaku Organisasi Pendidikan, 4) Budaya Organisasi Pendidikan, 5) Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, 6) Manajemen Keuangan Pendidikan, 7) Analisis Kebijakan Pendidikan dan Pengambilan Keputusan, 8) Manajemen Kurikulum, 9) Manajemen Pondok Pesantren, 10) Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dan lain sebagainya</p> https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jmpi/article/view/1301 Pengaruh Motivasi Kerja dan Kecakapan IT Terhadap Penyusunan SKP ASN di Perguruan Tinggi Islam 2025-02-01T09:15:32+00:00 Nova Alam novalam.iainmdo@gmail.com <p>Penelitian tentang&nbsp; Pengaruh&nbsp; Motivasi&nbsp; Kerja&nbsp; Dan&nbsp; Kecakapan&nbsp; IT&nbsp; Terhadap Penyusunan&nbsp; SKP&nbsp; ASN&nbsp; di&nbsp; IAIN&nbsp; Manado&nbsp; mengunakan&nbsp; Metode&nbsp; dalam&nbsp; riset&nbsp; ini menggunkan analisis kuantitatif melalui instrument ukur statistika. Bagi (Azwar S, 2016) motode kuantitatif merupakan cara memperoleh dan menggambarkan proses dan&nbsp; hasil&nbsp; melalui&nbsp; aspek&nbsp; (angka)&nbsp; yang&nbsp; diperoleh&nbsp; melalui&nbsp; perhitungan.&nbsp; Data&nbsp; yang dikumpulkan&nbsp; merupakan&nbsp; hasil&nbsp; penelitian&nbsp; di&nbsp; Institut&nbsp; Agama&nbsp; Islam&nbsp; Negeri&nbsp; (IAIN) Manado&nbsp; khususnya&nbsp; di&nbsp; Biro&nbsp; AUAK,&nbsp; Fakultas&nbsp; Tarbiyah&nbsp; dan&nbsp; Ilmu&nbsp; Keguruaan, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah serta Fakultas Ekonomi dan&nbsp; Bisnis&nbsp; Islam.&nbsp; Penelitian&nbsp; ini&nbsp; juga&nbsp; melakukan&nbsp; analisis&nbsp; data&nbsp; dan&nbsp; pengecekan keabsahan data. Penelitian&nbsp; ini&nbsp; mengambarkan&nbsp; bahwa,&nbsp; Minimnya&nbsp; motivasi&nbsp; dan&nbsp; segala Problematikanya di IAIN Manado secara umum terjadi pada sebagain besar ASN yang&nbsp; tidak mengumpulkan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Hal ini dikarenakan manfaat&nbsp; penyusunan&nbsp; SKP&nbsp; bagi&nbsp; sebahagian&nbsp; ASN&nbsp; tidak&nbsp; terlalu&nbsp; mendesak&nbsp; karena pengunaan SKP hanya dibutuhkan ketika pengurusan kenaikan pangkat dan jabatan saja. serta untuk beberapa PNS senior kesulitan menyusun SKP melalui Aplikasi Excel ditambah dengan&nbsp; lemahnya pengawasan atasan terhadap penyusunan SKP setiap tahunnya dan belum ada regulasi Internal yang mengatur tentang sanksi bagi ASN yang tidak menyusun SKP setiap tahunnya. Sehingga hal ini menambah tugas bagian kepegawaian untuk melakukan pendampingan intensif ASN.</p> 2025-02-01T09:12:55+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jmpi/article/view/1567 Islamic Higher Education and Legal Adaptation in Minority Communities: A Cultural Management Framework 2025-07-30T22:22:59+00:00 Shinta Nento shintanento17@email.com Abdul Haris Abdullah abdulharis120176@gmail.com <p>This study aims to evaluate the role of Islamic higher education in supporting the process of Islamic law adaptation within a Muslim minority community in the city of Manado, through a cultural management approach. Manado was selected as the research locus due to its unique characteristics as a region with a Muslim minority population, which presents specific challenges in the open and adaptive implementation of Islamic law. This qualitative research approach involved in-depth interviews with stakeholders in Islamic higher education, including academics, university administrators, and local religious leaders or scholars. The findings reveal that cultural management implemented by Islamic higher education institutions in Manado plays a significant role in the contextual integration and adaptation of Islamic law, aligning with local cultural values through effective collaboration with community leaders and curriculum adjustments based on the needs of the Muslim minority. The study is expected to serve as a reference for other Islamic higher education institutions in developing responsive policies tailored to minority communities. The research also implies the need for a more inclusive model of Islamic legal adaptation, potentially contributing to the development of globally relevant Islamic legal education policies without compromising core Islamic principles.</p> 2025-07-30T22:20:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jmpi/article/view/1391 Kepemimpinan Transformasional Islami Sebagai Kunci Sukses Mutu Pendidikan Di MAN Manokwari 2025-08-04T06:30:56+00:00 Dena Izzatul Ulya denaizza076@gmail.com Nur Aziza Turrohmah azizaturrohmah75@gmail.com Siti Aimah sitiaimah1@iaida.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kepemimpinan transformasional Islami dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Manokwari bagaimana nilai-nilai kepemimpinan Islami yang menginspirasi, membimbing, serta mampu membentuk lingkungan pendidikan yang berkualitas secara akademik dan spiritual &nbsp;peran. Objek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan di MAN Manokwari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif model Milles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional Islami yang diterapkan oleh kepala madrasah tidak hanya menciptakan budaya kerja yang religius dan profesional, tetapi juga meningkatkan kedisiplinan, motivasi guru, serta partisipasi aktif seluruh elemen sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Kontribusi penelitian ini terletak pada penegasan pentingnya perpaduan antara kepemimpinan visioner dan nilai-nilai Islam dalam membangun mutu pendidikan yang berkelanjutan, khususnya di lingkungan madrasah. Temuan ini diharapkan menjadi rujukan bagi institusi pendidikan Islam lainnya dalam mengembangkan model kepemimpinan yang efektif dan berkarakter.</p> 2025-08-04T06:30:56+00:00 ##submission.copyrightStatement##