Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping sebagai Solusi Mengatasi Kebosanan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Min 2 Kepulauan Sangihe
Abstract
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan di berbagai jenjang madrasah. Namun, hingga saat ini, pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) masih dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut, tim pengabdian yang terdiri dari dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado berinisiatif melakukan pendampingan dengan menggunakan media pembelajaran mind mapping (peta pikiran). Metode Participatory Action Research (PAR) digunakan dalam pelaksanaan program ini untuk memastikan bahwa pendekatan yang diterapkan relevan dengan kebutuhan siswa dan efektif dalam meningkatkan keterlibatan serta pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Lokasi pengabdian bertempat di MIN 2 Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan pengabdian ini mendapatkan respons positif, yang ditunjukkan oleh siswa dan guru. Hasilnya menunjukkan bahwa mind mapping tidak hanya membantu siswa memahami dan mengingat materi dengan lebih mudah, tetapi juga memberikan dampak positif pada proses pengajaran guru, khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
References
Amin, M. . (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran SKI MI. Awwaliyah, 2(2).
Andriyansyah, A. (2019). Penanaman Toleransi Agama Pada Diri Anak Melalui Doktrin Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mi Hidayatul Ahbabina, Setu, Bekasi). El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2).
Darise, G. N., & Darise, I. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Fase E di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado. Jurnal Ilmiah Iqra’, 17(2).
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.
Fauziyah, S. (2020). Pendidikan SKI Di Madrasah Ibtidaiyah. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 4(1), 47–70.
Handayani, A. (2024). Mind Mapping Sejarah Kebudayaan Islam. Penamuda Media.
Isroani, F., Jaafar, N., & Muflihaini, M. (2022). Effectiveness of E-LearningLearning to Improve Student Learning Outcomes at Madrasah Aliyah. International Journal of Science Education and Cultural Studies, 1(1).
Karim, A. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam (Ski) Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping. Quality: Journal Of Empirical Research In Islamic Education, 1(2), 1–18.
Munawir, M., & Istiqomah, F. (2024). Analisis Problematika Guru Dalam Pembelajaran SKI di MI Beserta Solusinya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1).
Nasih, A. M., & Kholidah, L. N. (2009). Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT.Refika Aditama.
Putera, M. T. F., & Rhussary, M. L. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Daerah 3t (Terdepan, Terpencil Dan Tertinggal) Di Kabupaten Mahakam Hulu. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 12(2).
Rasimin, R., Zuhri, M., Hamsah, M., Nurchamidah, N., & Rosyad, A. M. (2022). Effectiveness of Multi-Matobe Integration in Social Studies Learning to Enhance CriticalThinking Skills. Effectiveness of Multi-Matobe Integration in Social Studies Learning to Enhance CriticalThinking Skills, 3(4).
Rofik, R. (2015). Nilai Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Kurikulum Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 15–30.
Selviana, S., Himmawan, D., & Muna, N. (2022). Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(1), 1–10.
Solati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ski Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Word Squarepada Kelas V Mi Al-Falah Jakarta Barat. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 2(1), 105–112.
Sugiarto, I. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak, Berpikir Holistik dan Kreatif. Gramedia Pustaka Utama.
Copyright (c) 2024 Gina Nurvina Darise, Nurul Mahmudah, Kusnan Kusnan, Indah Wardaty Saud, Gita Fajrin Jafar, Nurul Fajriani Mokodompit, Rahmawaty Alkatiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.