Interaksi Edukatif Guru PAI dalam Membangun Sikap Kesadaran Sosial Siswa di SD IT Nurul Islam

  • Wasito Wasito UIN Salatiga
  • Rokhmad Afif UIN Salatiga
  • Mukh Nursikin UIN Salatiga
Keywords: Interaksi Edukatif, PAI, Kesalehan Sosial

Abstract

Praktik pembelajaran PAI yang masih sering menitikberatkan pada persoalan-persoalan teoretis kognitif yang berkaitan dengan pengembangan nilai-nilai Islam dengan mengabaikan pengembangan aspek afektif dan kognitif-volatif, seperti kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai Islam, menjadi konteks bagi pembelajaran PAI. Akibatnya seringkali terjadi keterputusan antara bagaimana agama dipahami dan bagaimana agama itu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang beragama secara individu saleh tetapi tidak saleh secara sosial. Penelitian lebih lanjut dilakukan pada interaksi edukatif guru PAI dan implementasinya terhadap sikap. Kesalehan sosial siswa berdasarkan masalah ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berbasis sosiologi pendidikan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data. Analisis kualitatif data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data, atau triangulasi teknis, sumber, dan waktu, berfungsi sebagai uji validasi data penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: Pola interaksi pendidikan pertama yang digunakan guru PAI adalah pola interaksi satu arah. Guru PAI menggunakan metode ceramah untuk menerapkan pola interaksi satu arah ini.2) Pola interaksi dua arah, yang dilakukan melalui format tanya jawab oleh instruktur PAI.3) Guru PAI menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok dan berbagai kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan kesalehan sosial sebagai bagian dari pola interaksi multi arah. Kedua, proses KBM PAI digunakan untuk mengimplementasikan interaksi edukatif guru PAI di SD IT Nurul Islam Tengaran, termasuk membiasakan siswa untuk berdoa terlebih dahulu. dan setelah pembelajaran, memahami materi pembelajaran sebelumnya, menguasai dan menyampaikan materi pembelajaran yang baik, menghubungkan dengan isu-isu masyarakat, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan bantuan media dan strategi pembelajaran, bersikap terbuka, inklusif, objektif, dan tidak diskriminatif terhadap siswa, dan memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Di luar KBM PAI yaitu mengenalkan siswa pada ajaran Islam menanamkan nilai-nilai melalui kegiatan keagamaan berbasis sekolah.

Published
2022-12-12
Section
Articles