Pelatihan Peningkatan Kemampuan Tata Bahasa Inggris dan Keterampilan Seni Budaya Mahasiswa IAIN Manado melalui Kegiatan English Camp
Abstract
English Camp merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan proses kegiatan belajar mahasiswa di luar kelas, di mana mahasiswa bisa meluangkan beberapa waktu mereka untuk untuk belajar Bahasa Inggris terutama dalam bidang tata bahasa bersama dengan mahasiswa lainnya yang berasal dari berbagai program studi dan fakultas. Selain belajar Bahasa Inggris, English Camp juga bisa dijadikan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang kesenian. Sasaran pengabdian ini adalah mahasiswa semester 1 dari semua fakultas di IAIN Manado. Kegiatan berlangsung sejak tanggal 15 Oktober 2021 sampai dengan 17 Oktober 2021 dan dilaksanakan sekali setiap tahun. Adapun tahapan kegiatan yaitu persiapan, sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan pengajuan surat pemberitahuan kegiatan kepada pihak kampus, persiapan alat yang dapat menujang kegiatan, serta persipan tempat untuk pelaksanaan kegiatan. Sosialisasi kegiatan dilakukan secara online dengan menyebarkan pamflet dan juga secara langsung di setiap kelas. Pelaksanaan kegiatan meliputi pembukaan dan pelepasan, games, pertunjukkan minat dan bakat, serta penutupan. Hasil kegiatan adalah terlaksannya kegiatan English Camp guna meningkatkan kemampuan tata Bahasa Inggris dan keterampilan Seni Budaya mahasiswa IAIN Manado dengan baik. Pelaksana kegiatan adalah tim pengabdian Dosen dan HMPS TBI.
References
Aswad, M. (2017b). The Effectiness English Camp (A Model in Learning English as the Second Language). Asean/Asian Academic Society International Conference, 234–239.
Ismail, Nur Salina, and I. M. T. (2011). English Camp Activities: A Strategy to Enhance Students’ English Proficiency. Studies in Literature and Language, 2(3), 61–72.
Kurniawan, Ridho, and Y. E. F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dasar Melalui Kegiatan English Camp. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 752–756.
Satriani, Intan, Emi Emilia, and M. H. G. (2012). Contextual Teaching and Learning Approach to Teaching Writing. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 2(1), 10–22.
Copyright (c) 2021 Indah Wardaty Saud, Nur Halimah, Fadhlan Saini, Ahmad Mustamir Waris, Jihan Fahira Songkaton, Nofikasari Gobel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.