Implementasi Metode Interaktif Berbasis Focus group discussion dalam Manajemen Pembelajaran Kelas IV di MI Wahid Hasyim III Kabupaten Malang pada Mata Pelajaran IPAS

  • Amalia Ramadhani Putri Salwa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Metode Interaktif, Manajemen Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi metode interaktif focus group discussion dalam manejemen pembelajaran kelas IV di MI Wahid Hayim III Kabupaten Malang pada mata pelajaran IPAS. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MI Wahid Hayim III Kabupaten Malang yang berjumlah 40 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas IV A dan B secara acak yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode interaktif focus group discussion dalam manejemen pembelajaran kelas IV di MI Wahid Hayim III Kabupaten Malang pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, metode ini juga dapat meningkatkan interaksi antar siswa dan menumbuhkan rasa kebersamaan dalam kelas. Namun, perlu adanya pengawasan dari guru agar metode ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi metode interaktif focus group discussion dalam manejemen pembelajaran kelas IV di MI Wahid Hayim III Kabupaten Malang pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

References

Agus, S. (2012). Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hall, M. P. Krueger, RA and Casey, MA (2000) Focus groups: a practical guide for applied research. Thousand Oaks, Calif.: Sage Publications. Kumar, R.(1996) Research Methodology: A Step By Step Guide for Beginners. Longman. Leedy, P and Ormond, JE (2001) Practical Research: Planning and Design.

Hamalik, O. (2003). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1987). Learning together and alone: Cooperative, competitive, and individualistic learning. Prentice-Hall, Inc.

Kunandar, D. R. (2007). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, M. P. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kuala Lumpur: Kemetrian Pengajaran Malaysia.

Published
2023-06-30
Section
Articles