Workshop Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan Bagi Anak, Guru Dan Orang Tua pada Lembaga PAUD Se-Kelurahan Kapuk

  • Yon A.E Universitas Panca Sakti, Indonesia
  • Risnawati Risnawati Universitas Panca Sakti, Indonesia
  • Ni Nyoman Emi Herawati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Nurlaelah Nurlaelah Universitas Panca Sakti, Indonesia
  • Indah Mulyana Universitas Panca Sakti, Indonesia
  • Endah Rahmawati Universitas Panca Sakti, Indonesia
  • Melva Evelin Lumbantobing Universitas Panca Sakti, Indonesia
Keywords: Bahasa Inggris, anak usia dini, guru, orang tua

Abstract

Bahasa Inggris sebagai salah satu contoh bahasa asing yang sudah diajarkan di beberapa Taman Kanak-kanak sebagai lembaga pendidikan formal bagi anak usia dini. Pembelajaran bahasa Inggris ini menimbulkan tantangan tersendiri dalam pembelajaran dimana guru dituntut untuk dapat memberikan pelajaran bahasa Inggris yang efektif dan efisien bagi anak usia dini dalam penyajian materi maupun praktek pembelajaran bagi anak. Maka diperlukan metode yang tepat untuk dapat mengoptimalkan pelajaran ini untuk dapat dipahami dengan baik oleh anak. Dengan dilibatkannya orangtua dalam proses pembelajaran dapat membantu anak dalam memahami pengajaran yang diberikan oleh guru. Workshop pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan orangtua dan anak se-kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat menjadi salah satu cara yang diambil dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing khususnya berbahasa inggris bagi guru, orangtua dan anak. Dengan mengambil sampel pada lima sekolah dan melibatkan guru dan orangtua peserta didik se-kelurahan Kapuk, baik guru, orangtua dan peserta didik bertambah pengetahuan dan wawasannya tentang bagaimana metode mengajarkan bahasa Inggris yang menyenangkan. Kegiatan ini berhasil membuat para peserta kegiatan dapat mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, kemudian dalam kegiatan ini para peserta memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang cara berbicara bahasa Inggris yang benar. Pendampingan melalui pertemuan langsung dan online (Zoom Virtual Conference) dengan orangtua dan guru membawa dampak yang baik dalam memberikan pemahaman dalam mempelajari bahasa inggris bagi guru dan orangtua sehingga anak dapat mempelajari bahasa Inggris yang menyenangkan baik dari guru di sekolah dan orangtua mereka dirumah.

References

Cameron, L. (2001). Teaching languages to young learners. Cambridge University Press.

Dinniasari, H. (2020). Strategi Efektif Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Retrieved from https://batampos.id/2020/11/04/strategi-efektif-pembelajaran-daringdi-masa-pandemi/

Hurlock, E. B. (2000). Perkembangan anak Jilid 1. Translated by: Tjandrasa, M.M. Erlangga.

Montessori, M. (1991). The Discovery of the Child. Ballantine Books.

Richard, J., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and methods in language teaching (1st ed.). Cambridge University Press.

Suyadi. (2010). Psikologi belajar PAUD. Pedagogia. Retrieved from https://books.google.co.id

Widihastuti. (2007). Efektivitas metode pembelajaran bahasa Inggris pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9658

Published
2023-12-21
Section
Articles