Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Religius Pada Anak di Kelurahan Sedayu

  • Nindia Oktiviana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nurul Hidayah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • M. Hamzah Harianto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Rifky Dzikrillah W. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Keywords: pendidikan karakter, karakter religius, taman pendidikan Al-Qur’an, nilai-nilai Islam, pembiasaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Ichsan di Kelurahan Sedayu dalam membentuk karakter religius anak melalui kegiatan pembelajaran dan internalisasi nilai-nilai Islam. Hasilnya diharapkan dapat memberikan rekomendasi model pendidikan karakter religius di TPQ yang efektif dan terintegrasi dengan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan konsultasi, mediasi, analisis SWOT, dan pendekatan bottom-up. Hasilnya menunjukkan TPQ berperan penting melalui kegiatan pembiasaan untuk menumbuhkan karakter religius positif sejak dini berdasarkan ajaran Islam. Namun demikian, terdapat hambatan terkait kondusifitas lingkungan dan kendala cuaca yang dapat diatasi dengan guru berkualitas.

 

References

Abidin, J. (2020). Peran Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Munir Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Di Desa Klurahan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Jurnal Paradigma, 9(01).

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44-50.

Arifin, M. (2022). Membumikan Akidah Melalui Syi'ir: Study Nilai-Nilai Akidah dalam Syi'ir Jama'ah Shalawat Nariyah Walisongo Desa Moncek Timur Lenteng Sumenep Madura. Humanistika: Jurnal Keislaman, 8(1), 124-150.

Damayani, N. A., Koch, J., & Krisnantoro. (2019). Bottom-Up Policy Implementation Analysis On Integration Education Program. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 8(1), 83-92.

Fathoni, A. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan Karakter Di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 447-460.

Fathurrohman, M. (2013). Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teori Pendidikan Islam. Ta'dib, 16(1), 128-144.

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 14(1), 28-37.

Hikmat, M. M. (2019). Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Holidi, A. F., & Surur, M. (2019). Memasyaratkan Sholawat Nariyah Di Bumi Nusantara. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an Dan Hadist, 2(1), 48-69.

Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kholid, M. N. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 10(2), 242-258.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387-404.

Muhammad Yaumi. (2016). Pendidikan Karakter, Pilar dan Implementasi. Kencana.

Nata, A. (2012). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers.

Pratama, L. D., Rofiah, K., & Ainiyah, N. (2019). Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Mendukung Prestasi Belajar Siswa Melalui Media Sosial. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 253-264.

Rahma, R., & Alauddin, A. (2022). Pembinaan Perbaikan Tadjwid, Hafalan Surah-Surah Pendek dan Doa-Doa Harian Di TK/TPA Desa Balakia Kecamatan Sinjai Barat. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15-18.

Rangkuti, F. (2019). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT: Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riswaya, A. (2019). Pendidikan Karakter Di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 481-490.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Caramedia Communication.

Sigit, D. V. (2018). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 159-180.

Suharto, E. (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Ulwan, A. N. (2012). Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. (Jilid 2). Solo: Insan Kamil.

Wahid, A. R., Khakim, M., & Prasetiya, B. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kegiatan Tahlil Di Masyarakat Desa Kerpangan. Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman, 6(2), 193-199.

Wahyuningsih, S., Qadrianti, L., & Amin, A. (2022). Pembinaan Hafalan Surah Pendek, Doa-Doa dan Adab Harian Di TK/TPA Kelurahan Samaenre Kecamatan Sinjai Tengah. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10-14.

Yaumi, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Ta Lim, 23(3), 1-12.

Published
2023-12-22
Section
Articles