https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/issue/feed TARSIUS : Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif & Humanis 2024-07-31T02:45:32+00:00 Mutmainah [email protected] Open Journal Systems <p style="text-align: justify; line-height: 18.75pt; background: white; margin: 15.0pt 0cm 15.0pt 0cm;"><strong>TARSIUS: </strong><strong>Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis</strong>, is a peer-reviewed journal published twice a year in July and December by the <span style="background: white;">Faculty of Tarbiyah and Teacher Training</span>, State Islamic Institute of Manado (IAIN) Manado, Indonesia.</p> <p style="text-align: justify; line-height: 18.75pt; background: white; margin: 15.0pt 0cm 15.0pt 0cm;">Please read and understand the author's guidelines thoroughly. The author who submits a manuscript to the editors of&nbsp;<strong>TARSIUS: </strong><strong>Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis<em>&nbsp;</em></strong>must follow the author's guidelines. If the submitted manuscript does not follow the guidelines or uses a different format, it will be rejected by the editorial team before it is reviewed. The editorial team will only accept a manuscript that meets the specified format requirements.</p> <p style="text-align: justify; line-height: 18.75pt; background: white; margin: 15.0pt 0cm 15.0pt 0cm;">The articles published in&nbsp;<strong>TARSIUS: </strong><strong>Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis</strong> have been double-blind-reviewed by peer reviewers. The decision on whether the scientific article is accepted or not in this journal will be the Editorial Board’s right based on the peer reviewer's recommendation.</p> https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/945 Penguatan Kompetensi Guru TK/RA Manado dalam Mengajarkan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing untuk Generasi Alpha 2024-07-19T08:18:03+00:00 Indah Wardaty Saud [email protected] Nur Halimah [email protected] Nikmala Nemin Kaharuddin [email protected] Effendi M [email protected] Gina Nurvina Darise [email protected] Gita Fajrin Jafar [email protected] <p>Dalam dunia pendidikan anak usia dini, mengenalkan Bahasa Inggris merupakan salah satu cara mempersiapkan anak untuk masa depan yang sukses. Generasi alfa, yang lahir di era internet, membutuhkan keterampilan dalam bahasa Inggris karena teknologi global menggunakan bahasa ini sebagai bahasa internasional. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru pendidikan anak usia dini untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan dalam berbahasa Inggris, kompetensi membuat rancangan dan materi ajar menggunakan aplikasi seperti Canva, serta menggunakan metode yang tepat dalam mengelola kelas. Namun, banyak guru yang berasal TK/RA belum memiliki kualitas Bahasa Inggris yang mempuni, belum berinovasi menggunakan aplikasi sederhana dalam menyusun materi sendiri, juga belum mendapatkan metode ajar Bahasa Inggris yang cocok bagi siswa mereka. Untuk mengatasi masalah ini, pelatihan guru menjadi solusi penting untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka. Paket pelatihan ini mencakup konsep pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini, pembuatan media berbasis video menggunakan Canva. Di akhir pelatihan, para guru yang telah dilatih melakukan microteaching sebagai tahap evaluasi dalam pelatihan ini. Hasil yang diperoleh yakni 90% guru telah menunjukkan performa yang baik dalam menyampaikan materi Bahasa Inggris dengan menggunakan metode lagu dan permainan dengan perolehan nilai rata-rata 81.6 kategori high (Sangat baik). Selain itu, guru juga memperlihatkan keterampilan dalam mendesain materi menggunakan Canva.</p> 2024-07-19T08:17:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/682 Membangun Kesadaran Berbangsa Melalui Pemutaran Film Sejarah Nasional Bagi Masyarakat Desa Kujangsari Kota Banjar 2024-07-30T11:56:35+00:00 Sarno Hanipudin [email protected] Sri Mulyani [email protected] Muhammad Habib [email protected] Taqiyudin Subki [email protected] Lastri Khasanah [email protected] Melita Nurrohmah [email protected] <p>Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan fakta bahwa kesadaran berbangsa perlu untuk dipelihara dikalangan masyarakat dan jiwa nasionalisme perlu dipupuk untuk menjaga kebanggaan dalam berbangsa dan bernegara, dengan tumbuhnya nasionalisme maka rasa persatuan dan kesatuan dalam bernegara akan tetap terjaga. Pengabdian ini memiliki urgensi yang sangat kontributif dalam meningkatkan spirit solidaritas dan persatuan dikalangan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memupuk pemahaman pentingnya mengingat sejarah sebagai bekal mewujudkan kehidupan yang rukun dikalangan masyarakat, serta meningkatkan semangat gotong ronyong dalam membangun kepribadian bangsa. Metode pengabdian yang dilaksanakan adalah dengan metode pemutaran film sejarah nasional G30S/PKI secara terbuka dengan LCD Proyektor. Melalui kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat memiliki keinginan kolektif mengingat sejarah sebagai cermin dan bekal kehidupan sekarang. Kedua, mereka tampak antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, karena mereka tahu bahwa film sejarah memiliki nilai penting bagi kehidupan berbangsa untuk di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, adanya keinginan untuk mewujudkan kehidupan rukun dan harmonis dengan cara meningkatkan toleransi diantara masyarakat.&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> 2024-07-30T11:56:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/995 Pelatihan Analisis Butir Soal dalam Meningkatkan Kualitas Instrumen Penilaian bagi Mahasiswa IAIN Manado 2024-07-30T12:30:03+00:00 Andi Asma [email protected] Mutmainah Mutmainah [email protected] Nurhayati Sahibe [email protected] Kadir Kadir [email protected] Muhammad Tahir A [email protected] Rhyan Prayuddy Reksamunandar [email protected] Dinda Rahmawati Anugrah [email protected] <p><em>Kegiatan ini bertujuan dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan para mahasiswa dalam mengolah data jawaban. Dengan analisis butir soal yang baik, para mahasiswa dapat menyusun soal yang berkualitas dan terukur, yang pada akhirnya akan berpengaruh positif terhadap kualitas pendidikan. Pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan selama satu kali pertemuan, diikuti oleh 20 orang Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Manado. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif, di mana para mahasiswa terlibat aktif dalam seluruh proses pelatihan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemauan dan kemampuan para mahasiwa dalam mengolah data dan menganalisis butir soal. Dengan demikian, pelatihan ini telah berhasil menjawab permasalahan terkait peningkatan mutu pendidikan melalui evaluasi pembelajaran yang lebih baik. yaitu mampu dalam menyusun instrumen penilaian yang valid dan reliabel, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas</em></p> 2024-07-30T12:30:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/983 Peningkatan Wawasan dan Kemampuan Kepenulisan Melalui Pelatihan Karya Tulis Sebagai Sebuah Sarana Publikasi Kegiatan Osis MAN 1 Lamongan 2024-07-30T12:40:44+00:00 Benny Afwadzi [email protected] Amelia Khoirun Nisa’ [email protected] Bella Pramudya Lestari [email protected] Faiqoh Razan Yumnansa [email protected] Frengky Pradana [email protected] Imro Atus Sholihah [email protected] Khusna Nur Lailatus Solihah [email protected] Muhammad Rafli [email protected] Nadia Khoirun Nisa [email protected] Zulfah Nahri [email protected] <p>Program pengabdian masyarakat dengan kegiatan pelatihan kepenulisan ini bertujuan untuk memaparkan pentingnya wawasan kepenulisan dalam publikasi kegiatan guna membangun citra atau <em>branding</em> suatu organisasi. <em>Branding</em> menjadi satu hal krusial berkenaan dengan citra serta identitas dari organisasi. Citra dari organisasi akan bermuara pada stigma masyarakat luas terhadap organisasi tersebut. Oleh karena itu, citra dari suatu organisasi harus dijaga guna membangun stigma positif dan kepercayaan masyarakat yang kuat terhadap organisasi tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di MAN 1 Lamongan, Kelurahan Jetis, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Metode dalam pengabdian masyarakat ini adalah ABCD (<em>Asset-Based Community Development</em>) yang diramu dengan observasi, wawancara, dan penyampaian materi. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan karya tulis dapat meningkatkan pemahaman mengenai ranah kepenulisan, baik jenis-jenis karya maupun pemilihan kata yang tepat untuk membangun narasi. Dalam konteks ini, penulisan karya tulis diarahkan pada media-media online. Peserta juga mendapat pemahaman baru mengenai pentingnya publikasi kegiatan guna membangun citra positif organisasi kepada khalayak ramai.</p> 2024-07-30T12:40:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/841 Pelatihan Pengembangan Kompetensi Melalui Program Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) Tahun 2023 2024-07-30T14:55:25+00:00 Fadlan Saini [email protected] Zikrullah Ampel [email protected] Silfana Pakaya [email protected] Sakanna Supardi [email protected] <p style="font-weight: 400;">Tujuan Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) adalah mengajar dan mengabdi di lingkungan sekolah, masyarakat dan lembaga. Pelaksanaan program ini berlokasi di Desa Ikhwan, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, mulai tanggal 17 Agustus hingga 5 Desember 2023. Peserta dalam program ini berjumlah 17 orang. Metode yang digunakan adalah metode PAR dan ABCD. PAR (Penelitian Tindakan Partisipatif) merupakan suatu metode penyelesaian masalah dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Sedangkan metode ABCD (Asset Based for Community Development) merupakan metode yang digunakan untuk mengembangkan masyarakat melalui potensi atau aset yang dimiliki masyarakat itu sendiri. Hasil dari pengabdian ini menggambarkan adanya peningkatan kompetensi siswa di sekolah. Dampak yang dirasakan dapat dilihat dengan memiliki nilai dan prestasi yang baik di akhir studinya. Selain itu, masyarakat sekitar juga merasakan dampak tersebut dengan adanya pengajian baik membaca Al-Qur’an maupun bimbingan belajar. Untuk itu, program-program tersebut dapat mendorong perkembangan Pendidikan di Desa Ikhwan. Namun, kendala-kendala yang terdapat dalam pengabdian ini beragam. Mulai dari akses internet yang kurang memadai, motivasi peserta yang masih belum antusias terhadap program ini, dan kurangnya kolaborasi dengan masyarakat sekitar. Rencana tindak lanjut pada program PPKT ini adalah menjadikan desa Ikhawan sebagai Desa binaan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado sehingga desa ini berkembang dan dapat bersaing dengan desa-desa lain.&nbsp; Harapan pada kegiatan selanjutnya adalah terlaksananya program-program berkelanjutan di Desa Ikhwan Kecamatan Dumoga Barat sesuai dengan topik yang terjadi dan yang dibutuhkan</p> 2024-07-30T14:55:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/996 Pendampingan Siswa SMA Negeri 1 Matauli Pandan Terhadap Pemahaman Sejarah Masuknya Islam di Nusantara Melalui Rihlah Ilmiah di Barus 2024-07-31T02:45:32+00:00 Muslim Pohan [email protected] Muhamad Burhanuddin [email protected] Ikbal Husni [email protected] Ira Novita Sari [email protected] Nanda Sekti Prayetno [email protected] <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA Negeri 1 Matauli Pandan Tapanuli Tengah tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui metode rihlah ilmiah di Barus. Barus dikenal sebagai salah satu pintu masuk awal Islam ke Indonesia, yang memiliki sejarah panjang dan penting dalam penyebaran agama Islam. Metode kegiatan ini dilakukan dengan metode pendampingan yang digunakan yaitu dengan sosialisasi, ceramah, tanya jawab dan diskusi. Pada tahap sosialisasi dan ceramah, narasumber menjelaskan materi terkait sejarah masuknya Islam di Nusantara. Kegiatan rihlah ilmiah ini melibatkan langsung ke situs-situs bersejarah di Barus. Melalui kegiatan pendampingan ini menunjukkan bahwa Siswa SMA Negeri 1 Matauli masih awam mengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara. Kemudian, metode rihlah ilmiah ini juga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta memperkuat nilai-nilai toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman budaya dan agama.</p> 2024-07-31T02:45:32+00:00 ##submission.copyrightStatement##