Pengaruh Literasi Keuangan dan Bauran Pemasaran Syariah terhadap Keputusan Nasabah dengan Trust Sebagai Mediasi

  • Mishelia Jenli Sabilla UIN Salatiga
Keywords: Literasi keuangan syariah; bauran pemasaran syariah; trust; keputusan nasabah; perbankan syariah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh literasi keuangan syariah dan islamic marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah di bank BTN Syariah KCP Majapahit Semarang, dengan penambahan trust sebagai variabel mediasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan data diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan. Sampel yang digunakan sebanyak 93 responden, dan dianalisis menggunakan metode path analysis untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, sedangkan islamic marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Selain itu, variabel trust tidak berhasil memmediasi pengaruh literasi keuangan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah, sedangkan variabel trust berhasil memediasi pengaruh islamic marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah.

Published
2025-06-28
How to Cite
Sabilla, M. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan dan Bauran Pemasaran Syariah terhadap Keputusan Nasabah dengan Trust Sebagai Mediasi. Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics, 5(1), 50-63. https://doi.org/10.30984/maqrizi.v5i1.1198