Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sains Menggunakan Pop-Up Book Pada Tema Binatang di RA Hidayatullah Manado

  • Nur Fadli Utomo
  • Nurjami H. Ali
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sains Pop Up Book

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis menggunakan Pop Up Book pada tema binatang atau hewan di RA Hidayatullah Manado dan mengetahui kelayakannya serta respon guru dan siswa terhadap penggunaannya di dalam proses pembelajaran Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.

Subiek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 6 orang dan 1 guru yang berada di RA Hidayatullah Manado. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari penyebaran angket, dan data kualitatif diperoleh daari validasi ahli materi berupa masukan yang digunakan untuk bahan-bahan acuan revisi

Hasil penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran berbasis sains yang dikembangkan menggunakan Pop Up Book pada tema binatang di RA Hidayatullah Manado. Media pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut dianggap layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi standar kriteria kualitas media dengan hasil validasi dari ahli media sebesar 84% dengan kategori sangat layak, dan 93,4% oleh ahli materi dengan kategori sangat layak. Sedangkan respon guru terhadap uji coba media pembelajaran dengan persentase nilai sebesar 100% dan respon dari 6 siswa dengan persentase nilai sebesar 83,33% yang tergolong kategori sangat baik.

Published
2022-12-19
How to Cite
Utomo, N., & H. Ali, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sains Menggunakan Pop-Up Book Pada Tema Binatang di RA Hidayatullah Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 2(02), 13. https://doi.org/10.30984/ijece.v2i02.387

Most read articles by the same author(s)