Analisis Pembelajaran PKN Dalam Membentuk Perilaku Filantropi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Plus Assalam Manado

  • Mutmainah Mutmainah IAIN Manado
  • Agung Budi Santoso
  • Nur Fadli Utomo
  • Suci Marliani Mamonto
Keywords: Pembelajaran PKN;, Perilaku Filantropi;, Siswa MIS

Abstract

Kegiatan PkM ini bertujuan Analisis Pembelajaran Pkn Dalam Membentuk Perilaku Filantropi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Plus Assalam Manado yakni, mengetahui upaya yang dilakukan dalam membentuk perilaku filantropi siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Plus Assalam Manado melalui pembelajaran  PKN, kemudian mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru PKN dalam menanamkan perilaku filantropi pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Plus Assalam Manado. Penelitian ini berlangsung mulai tanggal 08 Juni sampai 20 juni 2020. Hasil pengabdian ini menunjukkan  upaya yang dilakukan dalam membentuk perilaku filantropi siswa kelas V di adalah: (1) guru PKN membuat perencanaan dengan menyesuaikan RPP dan silabus yang ada, (2) Madrasah Ibtidaiyah Plus Assalam Manado melalui pembelajaran PKN dianataranya) guru PKN melakukan koordinasi dan konsultasi dengan wali kelas, waka kurikulum, dan kepala sekolah untuk melakuka pengembangan silabus yang ditujukan untuk meningkatkan perilaku kepedulian sosial pad a siswa. Faktor pendukung dari upaya guru PKN dalam menanamkan perilaku filantropi pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Plus Assalam Manado adalah adanya dukungan dan kerja sama antara guru PKN dengan kepala sekolah, waka kurikulum, dan wali kelas dalam menanamkan perilaku filantropi pada siswa.

Published
2023-01-24