Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas Pada Siswa Kelompok B TK Mutiara Ibu Manado
Abstract
Perkembangan keterampilan motorik halus pada anak mencakup kemampuan anak dalam menunjukkan dan menguasai gerakan-gerakan otot-otot indah dalam bentuk koordinasi, ketangkasan dan kecekatan dalam menggunakan tangan dan jari jemari. Motorik halus merupakan bagian dari ranah perkembangan fisik dan motorik yang merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Pada usia dini pertumbuhan dan perkembangan anak harus menjadi perhatian orang tua khususnya dan masyarakat umumnya. Masa usia dini disebut masa golden age karena pada usia dini anak menyerap lebih cepat apa yang dipelajarinya dari lingkungan disekitarnya. Oleh karena itu, perlu optimalisasi terhadap aspek-aspek perkembangan anak usia dini.
Rumusan masalah yaitu “Apakah Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Mutiara Ibu Manado”. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas di TK Mutiara Ibu Manado.
Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau Classroom Action Risearch. Alat pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes unjuk kerja, dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Dengan menggunakan analisis tersebut maka dapat penulis simpulkan hasil dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan motoric halus anak yang mana pada pra siklus penelitian dapat diketahui peserta didik yang mencapai standar penilaian BSH 2 anak 13%, MB 5 anak 33%, BB 8 anak 54% dari semua peserta didik yang berjumlah 15 peserta didik. Kemudian pada siklus I anak yang BSH 6 anak 40%,MB 43 anak 20%, BB 6 anak40% dan pada siklus II yang BSH 7 anak 47% MB 5 anak 33% BB 3 anak 20% dan siklus III BSH 12 anak 80% MB 3anak 20% BB 0anak 0%.