Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa di SMK Swasta Islam Kota Manado

  • Abdul Latif Samal IAIN Manado
  • Nurul Fajriani Mokodompit IAIN Manado
  • Gita Fajrin Jafar IAIN Manado
Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa di SMK Swasta Islam Kota Manado. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Islam Kota Manado pada Program Studi Teknik Jaringan Komputer (TKJ) dengan populasi dan sampel sebanyak 155 siswa, menggunakan angket yang dibagikan kepada siswa. Peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil analisis kesesuaian yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa, tingkat kesesuaian kualitas pelayanan yang diberikan SMK Swasta Islam Kota Manado sebesar 97 %, atau belum mencapai kesempurnaan. Hasil analisis kesenjangan yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa, terdapat kesenjangan sebesar -0,11 antara keinginan siswa dengan kualitas pelayanannya yang diberikan SMK Swasta Islam Kota Manado. Kesenjangan ini disebabkan oleh variabel Responsivenees dan variabel Emphaty yang kualitas pelayanannya belum sesuai dengan keinginan siswa. Hasil analisis kepentingan kinerja menujukan bahwa kepentingan siswa terhadap variabel Responsivenees, variabel Realiability, variabel Asurance dsan Tangibel telah dipenuhi, sedangkan variabel Emphaty belum dapat dipenuhi dengan baik oleh SMK Swasta Islam Kota Manado

Published
2022-06-25
Section
Articles