Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Anak RA Al-Muhajirin Kota Bitung

  • Rahmawaty Alkatiri IAIN MANADO
  • Tarisa Malapo RA Al-Muhajirin
Keywords: Pembelajaran Anak Usia Dini, Reward, Hasil Belajar

Abstract

Fokus pada Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan reward stiker terhadap hasil belajar siswa RA Al- Muhajirin Kota Bitung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, melalui Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan Teknik analaisis data yaitu dengan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ditemukan bahwa pemberian reward stiker terhadap anak RA Al-Muhajirin Kota Bitung terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapati hasil kemampuan awal rata-rata siswa untuk kelas eksperimen sebesar 34,61 dan kelas kontrol sebesar 33,94. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda atau relative sama. Dan setelah dilakukan treatment untuk kelas eksperimen dengan pemberian reward stiker bintang, nilai posttest kelas eksperimen adalah 37,67. Adapun nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 34,94. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan pemberian reward stiker bintang dapat berpengaruh pada hasil belajar anak

Published
2024-03-05
How to Cite
Alkatiri, R., & Malapo, T. (2024). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Anak RA Al-Muhajirin Kota Bitung. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 3(2), 15-28. https://doi.org/10.30984/ijece.v3i2.828

Most read articles by the same author(s)