Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Berorientasi Merdeka Belajar di Sulawesi Utara
Abstract
Studi kepustakaan digunakan pada penelitian ini dengan tujuan mengumpulkan informasi dan melakukan pendalaman data dari berbagai referensi dan literatur agar mendapatkan jawaban dan teori yang mendasar terkait permasalahan yang diteliti. Studi kepustakaan ini sebagai refleksi dan analisis terhadap manajemen proyek dalam kurikulum merdeka belajar Madrasah Aliyah di Sulawesi Utara. Proyek yang akan dilaksanakan dalam kurikulum merdeka perlu memperhatikan relevansi, efektifitas, efisiensi dan keberlanjutan proyek penguatan profil pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin. Proyek penguatan profil pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin ini berbasis penilaian proses bukan hasil. Proyek penguatan dapat berupa proyek yang menghasilkan produk/barang, layanan maupun data (laporan penelitian). Pemetaan subjek dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan ketertarikan siswa terhadap proyek yang perlu dilakukan terlebih dahulu oleh fasilitator, sehingga mudah dan tepat dalam pemilihan proyek yang tidak membebani siswa maupun fasilitator. Evaluasi proses penting dilakukan untuk mengetahui keaktifan dan kecenderungan dimensi karakter yang tumbuh pada diri siswa saat proyek dijalankan. Selain itu, melalui evaluasi hasil dapat diketahui apakah proyek yang dilakukan efektif untuk menguatkan karakter profil pancasila dan profil rahmatan lil alamin atau tidak. Jika proyek yang dilakukan efektif maka proyek ini dapat diterapkan kembali pada tahun mendatang atau menjadi rekomendasi utama proyek penguatan pada tahun berikutnya dan jika proyek tidak efektif maka dapat dilakukan perbaikan pada bagian-bagian proyek yang lemah atau menggantinya dengan proyek yang lain