Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas III MI Plus As Salaam Manado
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode pembelajaran Role Playing pada siswa di kelas III MI Plus As Salaam Manado. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model Kemmis Taggart dan Suharsimi Arikunto. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran ajaran 2023/2024 dalam dua siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Plus As Salaam Manado tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 peserta didik dan wali kelas III sebagai observer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik, angket minat membaca, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis data menunjukan bahwa adanya peningkatan minat siswa, dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing. Pada siklus I rata-rata penilaian aktivitas guru sebesar 3,4 sedangkan pada silus II rata-rata penilaian aktivitas guru sebesar 3,7 sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh 18% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 19,5%. Dengan demikian siklus II dikatakan sudah berhasil dalam meningkatkan literasi membaca siswa dikelas III MI