PENGETAHUAN TRADISIONAL DUKUN BERKENAAN DENGAN ANATOMI TUBUH PASIEN : STUDI ETNOGRAFI MASYARAKAT BANGGAI.

  • Rahmad Hidayat
Keywords: Dukun, Pengetahuan, Budaya, Kesehatan

Abstract

Pengetahuan tradisional merupakan pengetahuan yang diperoleh oleh masyarakat dari lingkunganya, pengetahuan itu diwarisi selama berabad-abad selama hidup dekat dengan alam (Mayor dalam Liliweri 2014:222). Salah satu kategori pengetahuan tradisional adalah pengobatan tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menjelaskan bagaimana pengetahuan dukun mengenai anatomi tubuh dan juga untuk Menjelaskan bagaimana pengetahuan dukun tentang organ tubuh dan letaknya, serta untuk Mendeskripsikan anggota tubuh apa saja yang beresiko mengalami sakit.

Penelitian ini merupakan penelitian Etnografi dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Data ini dianalisis dengan merujuk pada apa yang dijelaskan oleh Cresweell (2010) yaitu Mengolah dan mempersiapkan data, Membaca keseluruhan data, pendeskripsian tema-tema yang telah dibuat dan Mengeinterpretasi atau memaknai data.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa pengetahuan tradisional tentang anatomi tubuh dan penyakit berasal dari beberapa sumber yaitu dari keturunan, dari berguru dan dari mimpi. Pengetahuan-pengetahuan tersebut kemudian dipraktekkan dalam pengobatan tradisional dalam mengobati tubuh yang terserang dengan penyakit.

Published
2022-12-30