Peran Kegigihan dan Kecerdasan Emosi terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa Akhir
Abstract
Mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi biasanya mengalami stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegigihan dan kecerdasan emosi berperan terhadap psychological well-being pada mahasiswa semester akhir. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 124 mahasiswa semester akhir, usia 18-25 tahun. Dalam penelitian ini, digunakan alat ukur alat ukur kegigihan untuk mengukur tingkat kegigihan, The Trait Meta-Mood Scale untuk mengukur kecerdasan emosi, dan Psychological well-being Scale untuk mengukur tingkat psychological well-being pada mahasiswa semester akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegigihan dan kecerdasan emosi berpengaruh terhadap psychological well-being. Namun, hanya variabel kegigihan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan psychological well-being. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki tingkat kegigihan yang tinggi cenderung memiliki psychological well-being yang lebih tinggi.