Analisis Kepuasan Nasabah Pengadain Syariah: Bukti Empiris dari Shopping Center Manado
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah di unit Pegadaian Syariah (UPS) Shopping Center Manado. Metode yang digunakan metode kuantitatif deskriptif, dimana data yang dikumpulkan adalah respon nasabah (95 responden) Unit Pegadaian Syariah (UPS) Shopping Center Manado dengan menggunakan teknik pengumpulan melalui Observasi dan Kuesioner. Teknik Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan data penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Pegadaian Syariah berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan uji korelasi product moment yang memperoleh hasil 0,702 >0. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diketahui nilai R2 (R Square) 0,493 atau sekitar 49,3%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 49,3%. Sedangkan, sisanya 51,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga Variabel Independen (Kualitas Pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap Variabel Dependen (Kepuasan Nasabah).