PENGARUH LOKASI BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU UNIT INOBONTO TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG

  • Olive Mariana Paputungan
  • Syarifuddin Syarifuddin Institut Agama Islam Negeri Manado
  • Ramli Semmawi Institut Agama Islam Negeri Manado
Keywords: Lokasi; Minat Menabung; Nasabah; Pengaruh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lokasi Bank BRI Kantor Cabang Pembantu Unit Inobonto Terhadap Minat Menabung nasabah Desa Bantik. Dan menggunakan penelitian kuantitatif, Populasi dalam penelitian adalah Nasabah Bank BRI Desa Bantik. Teknik pengambilan sampel yang di ambil dalam peneitian ini menggunakan rumus Hair sehingga di dapatkan sampel sebanyak 110 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi, uji regresi linier sederhana, dan uji t (persial). Hasil dalam penelitian mengungkapkan bahwa Lokasi Bank BRI Kcp Unit Inobonto berpengaruh terhadap minat nasabah di Desa Bantik untuk menabung di Bank BRI Kcp Unit Inobonto. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung 8,167 > ttabel 1,982 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, berdasarkan nilai signifikasi dari tabel Cofficients diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lokasi Bank BRI Kcp Unit Inobonto berpengaruh terhadap Minat Menabung Nasabah di Desa Bantik

References

Asmar, K. H. (2019). Pengaruh Pelayanan, Promosi, Lokasi, Dan Bagi Hasil Bank Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Pt. Bank Bri Syariah Kcp Sudirman Lubuk Pakam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Astuti, T., & Mustikawati, R. I. (2013). Pengaruh persepsi nasabah tentang tingkat suku bunga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 182–198.

Baja, S. (2012). Perencanaan Tata Guna Lahan dalam Pengembangan Wilayah. Penerbit Andi.

Daroin, A. D., & Ningtias, A. P. (2020). Permasalahan dan Solusi Pengembangan Perbankan Syariah di Kota Madiun. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 140–154.

Efrianto, A., & Suwitho, S. (2016). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Layanan Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel The Alana Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(9).

Hadiwijaya, D. (2020). Perilaku Nasabah Berdasarkan Kinerja Customer Relationship Management Sebagai Dampak Dari Kompetensi Sumber Daya Manusia, Mutu Pelayanan Bank Dan Teknologi Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Kota Tangerang). JMB: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 10–20.

Hasibuan, A. A. (2020). Pengaruh pengetahuan, lokasi dan religiusitas santri terhadap minat menabung di bank syariah (studi kasus santri pondok pesantren Darul Falah Langga Payung). IAIN Padangsidimpuan.

Hasan, F. (2020). Implementasi Perkawinan Anak Usia Dini pada Kesejahteraan Keluarga di Kota Manado. IAIN Manado.

Hasan, F. (2022). Nikah Dini dan Pandangan Ulama. Ulama Era Milenial Dan Kesalehan Sosial, 23.

Hasan, F., Amiruddin, F., & others. (2021). Mediation in Marriage Disputes and Divorce (Analytical Study on the Application of Mediation in the Gorontalo Religious Court). INNOVATIO: Journal for Religious Innovations Studies, 21(2), 99–111.

Homsatun. (2017). Pengaruh Lokasi, Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Nasabah untuk Menabung pada PT Bank Muamalat Cabang Kendari. IAIN KENDARI.

Kasmir. (2004). Dasar-Dasar Perbankan. PT Grafindo Persada.

Kasmir. (2017). Manajemen Perbankan. Rajawali Pers.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Erlangga.

Lupiyoadi. (2010). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Pandiangan, H. J. (2018). Sistem Perbankan dalam Negara Kesejahteraan di Indonesia. To-Ra, 4(2), 52–71.

Purnomo, E. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama). Universitas Pasir Pengaraian.

Reshita, R. (2015). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank BNI Sidoarjo. STIE Perbanas Surabaya.

Setiawan, R. I. (2016). Pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata: perspektif potensi wisata daerah berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 1(1), 23–35.

Simatupang, H. B. (2019). Peranan perbankan dalam meningkatkan perekonomian indonesia. JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma), 6(2), 136–146.

Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Universitas Peradaban.

Wiwoho, J. (2014). Peran lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank dalam memberikan Distribusi keadilan bagi masyarakat. Masalah-Masalah Hukum, 43(1), 87–97.

Latief, N. F., & Sandimula, N. S. (2022a). How Accountable is Zakat Management in Indonesia? An Evidence from BAZNAS of North Sulawesi. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 11(1), 42–60.

Latief, N. F., & Sandimula, N. S. (2022b). How Accountable is Zakat Management in Indonesia? An Evidence from BAZNAS of North Sulawesi. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 11(1), 42. https://doi.org/10.22373/share.v11i1.11194

Published
2021-08-10
Section
Articles