Mobil Kopi: Studi Antropologi Ekonomi Terhadap Food Truck di Kota Manado

  • Muhammad Rofifq Virgiawan Program Studi Sosiologi Agama IAIN Manado
  • Rahmat Kasim
  • Wahyunis Wahyunis Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Kamil Jafar N
Keywords: Food Truck, Budaya, Remaja, Kopi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perilaku ekonomi para pelaku food truck terkhusus yang menjual kopi, menganalisis strategi penjualan yang dilakukan para pengusaha food truck di kota Manado. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan deskripsi dengan dua teknik pengumpulan data yaitu pengamatan dan wawancara, analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu pengumpulan data, coding data, hingga ke penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan perilaku ekonomi para pengusaha food truck serta strategi personal selling sebagai upaya mendatangkan para pelanggan, rata-rata pelanggan mereka adalah para remaja yang ingin merasakan kopi mewah dengan harga yang murah. Budaya minum kopi bagi remaja di kota Manado telah mengalami banyak perkembangan, Kondisi ini menjadikan minum kopi sebagai bagian dari gaya hidup seseorang, dan masyarakat yang sering ke kafe dan berpakaian rapi, hal ini menimbulkan berbagai prasangka sosial terkait dengan hal tersebut, mereka memiliki status sosial yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengunjungi food truck dengan pakaian sederhana.

Published
2024-07-02
How to Cite
Virgiawan, M., Kasim, R., Wahyunis, W., & Jafar N, M. (2024). Mobil Kopi: Studi Antropologi Ekonomi Terhadap Food Truck di Kota Manado. Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics, 4(1), 66-76. https://doi.org/10.30984/maqrizi.v4i1.977