Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Pelaku UMKM Melalui Penguatan Literasi Akuntansi Keuangan

  • Bahtiar Effendi Universitas Satu

Abstract

Artikel ini memberikan bantuan pelatihan akuntansi keuangan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tiga kegiatan dalam melakukan penelitian ini; pengenalan, pendampingan dan evaluasi. Adapun metode penelitian ini meliputi: tahap persiapan yang terdiri dari observasi, wawancara dengan kepala desa, penyampaian materi, dan penyuluhan materi, tahap pelaksanaan terdiri dari pelaksanaan kegiatan pelatihan diawali dengan pendekatan dan pendampingan kepada pelaku usaha, tahap evaluasi evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kemampuan peserta pelatihan akuntansi  meningkat setelah diadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

References

Agus, S. (2011). “Model-Model Pembelajaran”. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.Agus Suprijono (2011, p.4-5).
Anonim. (2015). “Buku Monograf Desa Mekarwangi”.Bambang, S. (2018). “Desa Dang Dang dan Mekarwangi Sedang Melaksanakan Program P2WKSS”.
Effendi, B. (2018). Accounting Assistance for Treasurers and Teachers for Improvement and Strengthening of Mekarwangi Elementary School, Cisauk, Tangerang [Peningkatan dan Penguatan SDN Mekarwangi, Cisauk, Tangerang Dalam Bentuk Pendampingan Akuntansi Untuk Bendahara dan Pengajar]. Proceeding of Community Development, (2), 225-233. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.265
Effendi, B. (2018). Penguatan Kemampuan Bendahara dan Guru SD Melalui Pembelajaran Akuntansi Dasar di SDN Mekarwangi, Ds. Mekarwangi, Kec. Cisauk, Tangerang-Banten. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 188-191. http://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2812
Effendi, B. (2019). Peningkatan Kesadaran Pelajar dengan Edukasi Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat : Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 3(2), 309-330. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.032-04
Effendi, B. (2018). Penguatan Pemahaman Siswa Kelas XII AK Melalui Bimbingan dan Pelatihan Akuntansi dan Pajak di SMK Dharma Widya, Desa/Kecamatan Neglasari, Tangerang-Banten. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 302-308. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.14635
Effendi, B. (2020). Edukasi dan Pendampingan Akuntansi Kader Posyandu Rambutan dan Posyandu Nusa Indah Desa Mekarwangi Kabupaten Tangerang. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 25-36. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.206
Effendi, B. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat: Sinergitas Universitas dan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 215-223. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.369
Effendi, B. (2023). Literasi Keuangan Guna Mewujudkan UMKM Berkelanjutan di Era Endemi Covid-19. Jurnal KARINOV, 6(2), 84-88, http://dx.doi.org/10.17977/um045v6i2p84-88
Suharto, Edi. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.
Published
2024-06-27
Section
Articles