Program Peningkatan Kemampuan Pronunciation Siswa Melalui Metode Interaktif di MTs Negeri 3 Paser

  • Anis Komariah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rostanti Toba UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Dina Destari UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pronunciation, Metode Interaktif, Bahasa Inggris

Abstract

Kesulitan dalam pengucapan (Pronunciation) menjadi salah satu tantangan utama bagi siswa di
MTs Negeri 3 Paser dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hambatan ini dipengaruhi oleh kurangnya
metode pengajaran yang interaktif dan sumber belajar yang memadai, sehingga siswa merasa
kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Program Peningkatan Kemampuan
Pronunciation Siswa melalui Metode Interaktif bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut
dengan pendekatan berbasis task-based learning dan communicative language teaching. Metode
yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil program menunjukkan bahwa
siswa MTs Negeri 3 Paser mengalami peningkatan dalam Pronunciation. Hal ini terlihat dari
peningkatan skor rata-rata post-test yang mencapai 77, sementara skor pre-testnya sebelumnya
hanya 62. Selain itu, setelah mengikuti program ini, siswa menjadi lebih percaya diri dalam
berbicara Bahasa Inggris. Berdasarkan dari hasil evaluasi menunjukan bahwa program ini
memberikan wawasan baru bagi guru tentang pentingnya pembelajaran Pronunciation yang
berbasis praktik dan kolaboratif. Keberlanjutan program ini dapat ditingkatkan dengan integrasi
pendekatan individual dan pemanfaatan teknologi lebih lanjut untuk mendukung pembelajaran
mandiri siswa

Published
2024-12-25