Implementasi Metode Tilawati Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Santri TPA Al-Muhajirin Bengkol
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan, yaitu perubahan dalam perilaku sebagai hasil interaksi antara dirinya dengan lingkungannya dalam memenuhi hidupnya. Setiap muslim mempunyai kewajiban untuk membaca dan menghayati Al-Qur’an dengan baik, sekaligus mengamalkannya ditengah kehidupan sehari-hari. Metode merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran AL-Qur’an, di samping komponen lainnya seperti pendidik, anak didik, materi, dan tujuan, karena metode menjadi sebuah sarana tersampainya materi dari guru kepada santri. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan adalah metode tilawati. Tujuan Pengabdian ini adalah agar santri dapat mempelajari Al-Qur’an dengan mudah dan cepat, selain itu santri juga bisa menggunakan nada “rost”.