Analisis Penerapan Metode Montessori Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Kun Anta Islamic Montessori Cabang Lasoso Kota Palu

  • Aan Nurul Aviah Sabachin Usman Sabachin Usman IAIN Manado
  • IRVAN KURNIAWAN
Keywords: Montessori, motorik halus, anak usia dini

Abstract

Abstrak

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Montessori terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Kun Anta Islamic Montessori Cabang Lasoso Kota Palu.

Jenis penelitian ini adalag penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Pendiri Sekolah, Kepala Sekolah, dan Tenaga Pengajar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji dan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji Credibility, Transfertability, Depentability, dan Confirmability.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif signifikan terhadap perkembangan motorik halus, dengan skor tinggi pada area sensorik dan practical life. Namun nilai lebih rendah di area Math dan languange menunjukkan perlunya perhatian lebih dalam merancang aktivitas yang menarik. Kendala seperti kurangnya alat bantu dan adaptasi anak terhadap aturan kelas menekankan pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.

Impilkasi dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode Montessori di TK Kun Anta berhasil menciptakan suasana belajar interaktif dan mendukung perkembangan motorik halus anak. 2) Dengan dukungan tepat dari guru dan orang tua, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang percaya diri dan berprestasi. 3) Kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua, serta pelatihan berkelanjutan bagi pendidik untuk meningkatkan efektivitas metode Montessori.

 

 

Published
2024-12-21
How to Cite
Sabachin Usman, A. N. A. S. U., & KURNIAWAN, I. (2024). Analisis Penerapan Metode Montessori Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Kun Anta Islamic Montessori Cabang Lasoso Kota Palu. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 4(2), 1-11. https://doi.org/10.30984/ijece.v4i2.1225
Section
Articles