Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Raudhatul Athfal (Ra) Al-Muhajirin Bitung
Abstract
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mewarnai di Raudhatul Athfal (RA) Al-Muhajirin Bitung; 2) Kendala yang dihadapi dalam peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mewarnai di Raudhatul Athfal (RA) Al-Muhajirin Bitung; 3) Solusi menghadapi kendala dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mewarnai di Raudhatul Athfal (RA) Al-Muhajirin Bitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, bahwa 1) Upaya peningkatan kreativitas anak didik melalui kegiatan mewarnai di Raudhatul Athfal (RA) al-Muhajirin Bitung telah berjalan dengan baik. Dengan langkah-langkah berikut: a) guru memperkenalkan warna terlebih dahulu kepada anak didik; b) mengajak anak didiknya untuk mulai mewarnai gambar sederhana; c) setelah anak didik sudah merasa senang kemudian di ajak mewarnai hewan atau tumbuhan; d) guru mulai menerapkan aturan dalam mewarnai gambar dengan rapi tidak boleh keluar dari garis dan menyesuaikan warna dengan bentuk aslinya; e) lalu guru mengajak anak didiknya dalam kelas untuk mengenal campuran warna yang dapat membentuk warna lainnya; f) kemudian guru melakukan penilaian dengan membandingkan hasil dari kegiatan mewarnai sebelumnya dengan hasil yang sekarang; 2)
Terdapat dua kendala dalam peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mewarnai di Raudhatul Athfal (RA) al-Muhajirin Bitung, yaitu: a) faktor internal disebabkan karena usia masih terlampau muda yakni 4,5 tahun; dan 2) faktor eksternal, adanya pola asuh dari orangtua yang terlalu ketat mengawasi kegiatan anak, sehingga anak terhambat dalam pengembangan kreativitasnya; 3) Solusi menghadapi kendala dalam peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mewarnai di Raudhatul Athfal (RA) al-Muhajirin Bitung, yaitu: 1) melatih pola pikir anak; 2) ciptakan pembelajaran yang menyenangkan; 3) Buat anak agar mau belajar mengamati; 4) Biarkan mereka melakukan sendiri; 5) berikan apresiasi; 6) jangan memarahinya, dan 7) ajaklah mereka berkreasi sambil bermain.